8 Camilan Unik dari Berbagai Negara, Cocok Untuk Usaha!

8 Camilan Unik dari Berbagai Negara, Cocok Untuk Usaha!

Camilan dari berbagai negara mana aja yang sudah kamu cobain?

Ketika merasa bosan atau sedang bersantai, hal yang paling menarik untuk dilakukan adalah "ngemil". Kegiatan makan kudapan ini bahkan bisa dilakukan berkali-kali loh dalam sehari. Ada survei Nielsen tentang kebiasaan mengudap di seluruh dunia. Sebanyak 91% dari 30.000 pengguna internet yang tersebar di berbagai negara mengatakan mereka mengudap setidaknya satu kali sehari dan 21% dari mereka mengaku suka makan camilan hingga tiga - empat kali dalam sehari.

Karena kebiasaan "ngemil" inilah, kemudian banyak makanan ringan yang dijual saat ini, Bukan hanya bisa ditemui di supermarket dalam bentuk makanan ringan bungkusan, namun juga banyak yang menjual secara langsung. Hal ini pun bisa dilihat dari sisi bisnis yang tentu menghasilkan nilai yang besar. Survei juga mengatakan bahwa bisnis kudapan semakin meningkat kian tahun, khususnya di negara-negara berkembang.

Berikut ini ada 10 camilan unik dari berbagai negara yang bisa kamu coba untuk kelola menjadi ladang bisnis kecil-kecilan.

Camilan Unik dari Berbagai Negara, Cocok Untuk Usaha! | Sumber: JakartaNotebook.com

Crunchynya Egg Waffle dari Hong Kong

Berbagai cemilan berbahan dasar telur memang banyak ditemukan di Hong Kong. Bukan hanya egg tart, camilan berbahan telur yang juga populer di Hong Kong adalah egg waffle. Cemilan ini merupakan adonan beragi yang dimasak dalam cetakan berbentuk unik seperti bola-bola. Biasanya cemilan ini disajikan saat panas dan polos. Namun, akhir-akhir ini banyak yang mulai memodifikasi kudapan khas Hong Kong ini dengan berbagai varian rasa di dalamnya.

Khanom Bueang manis dan asin dari Thailand

Cemilan selanjutnya ini mudah sekali ditemukan di Negeri Gajah Putih. Cemilan ini termasuk dalam kategori makanan penutup karena biasanya dihidangkan dengan citarasa manis. Makanan ini dipercaya sebagai makanan sejak zaman kuno dari Ayutthaya di era Buddha.

Uniknya lagi, Khanom Bueang ini mirip sekali dengan jajanan di Indonesia yaitu kue lekker, namun ukurannya lebih kecil lagi. Bahan utama untuk membuatnya yaitu tepung beras dan telur. Kedua bahan itu kemudian akan dikocok hingga tercampur dengan baik menyerupai adonan martabak. Bahan untuk membuat cemilan unik satu ini dikenal dengan sebutan voitong dan saikung. Voitong merupakan komplemen bahan manis yang terdiri dari kuning telur dan gula. . Sedangkan saikung untuk rasa asin yang terdiri dari udang kering dan kelapa parut. Coba saja keduanya, tentunya memberikan sentuhan rasa berbeda yang bikin kangen.

Cemilan imut, Mochi yang kenyal dari Jepang

Untuk cemilan unik satu ini, tentu kamu sudah bisa menebak berasal dari negara mana. Tentu saja Jepang! Perlu kamu ketahui kalau di Jepang sendiri punya beberapa jenis mochi loh, bahkan ada belasan jenis. Berbagai mochi itu pun memiliki nama yang berbeda sesuai dengan isi dan cara makannya.

Kehadiran dari cemilan mochi ini dipercaya membawa roh dari beras atau nasi bagi masyarakat Jepang. Dibuat dengan cara ditumbuk membuat beras akan menjadi lebih murni, maka dari itu proses pembuatan mochi harus dilakukan secara teliti dan memakan waktu yang cukup lama sampai adonannya halus.

Donat Ala Spanyol, Churros

Jika kamu suka donat, pasti kamu juga akan menyukai cemilan unik satu ini. Churros namanya! Tentu sudah ada Jaknoters yang pernah makan cemilan ini kan. Cemilan unik ini adalah salah satu cemilan khas Spanyol yang juga sering dijuluki donat ala Spanyol. Rasa dan teknik pembuatannya pun mirip dengan donat pada umumnya, yaitu digoreng. Namun tekstur Churros lebih garing ketika selesai digoreng.

Cemilan dari kacang-kacangan yang ada di Israel

Sekarang kita beralih ke negara lain. Cemilan unik bernama "Falavel" ini merupakan makanan yang terbuat dari kombinasi kacang fava dan buncis. Cemilan unik ini bisa dengan mudah ditemukan di berbagai restoran yang ada di Israel. Cara membuatnya pun tergolong mudah loh Jaknoters! Bisa nih kamu coba, siapa tahu bisa dijadikan usaha makanan yang enak.

Dessert unik, Halo-Halo dari Filipina

Lucu kan nama dessert satu ini! Iya namanya emang begitu!

Halo-Halo merupakan makanan unik disebut mirip sapaan telepon. Penggunaan kata 'Halo Halo' pada makanan ini sendiri bukan semata-mata diberikan, melainkan memang memiliki makna tersendiri. Dalam bahasa Filipina. ;halo-halo' berarti campuran. Dessert unik ini sendiri bisa dikatakan sejenis es campur yang menggunakan topping es krim dan agar warna-warni yang dipotong dadu. Umumnya sih dibuat dengan eskrim yang terbuat ubi ungu. Namun saat ini eskrim yang dipakai beragam sudah mulai beragam seperti cokelat, vanila dan lain-lain.

Mirip roti canai dengan olahahan tahu

Jika kamu tahu dengan roti canai, maka kamu tentu juga akan menyukai cemilan dari India satu ini. Roti paratha namanya. Makanan khas India ini memang mirip sekali dengan roti canai. Bedanya pada tepung yang digunakan untuk membuatnya. Untuk membuat roti paratha, yang digunakan adalah tepung gandum tanpa minyak susu. Tahu gak sih kalau ternyata, roti paratha ini juga bisa diolah dengan tahu loh. Biasanya cemilan ini disebut tofu paratha. Caranya mengolahnya adalah dengan mencampurkan tepung gandumnya berserta tahu yang sudah dihancurkan menjadi adonan roti. Setelah itu, tofu paratha siap dinikmati dengan berbagai topping sesuai selera. Cocok banget loh untuk menu makan siang!

Mirip donat yang lagi viral di Jakarta deh!

Ada lagi nih satu cemilan unik yang mirip donat selain churros tadi. Namanya Luqaimat. Cemilan unik yang terbuat dari gula ini bertekstur renyah di luar lembut di dalam dan khas sekali di Arab. Biasanya disantap bersama siraman sirup kurma, dikenal juga dengan istilah dim sum manis. Saat ini banyak yang mencoba menjual makanan ini di berbagai lokasi dengan berbagai topping yang menarik.

Kamu tertarik untuk mencoba salah satunya??