Buah Kurma serta 5 Olahan Kurma Lezat

Buah Kurma serta 5 Olahan Kurma Lezat

Ketika mulai memasuki bulan Ramadan, salah satu buah yang paling melekat di pikiran adalah buah kurma. Tahukah kamu jika buah kurma adalah salah satu buah tertua yang paling lama dibudidayakan di dunia? Bukan hanya terkenal karena rasanya yang manis, namun ternyata buah kurma punya banyak fakta unik dan menarik untuk dibahas loh. Apa aja sih?

Buah Kurma serta 5 Olahan Kurma Lezat | Sumber: Shutterstock

Buah kurma mengandung karbohidrat

Dr. Ir. Diah M. Utari, MKes dari Departemen Gizi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat UI menyampaikan jika terdapat sekitar 60% kandungan karbohidrat dalam buah kurma. Sisanya adalah perpaduan zat gizi magnesium, kalium, kalsium, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin B2.

Dalam 1 biji buah kurma mengandung banyak nutrisi

Buah kurma memang terkenal memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. mengandung karbohidrat (glukosa dan fruktosa), protein, lemak nabati. Kandungan kalsium yang terdapat pada kurma berperan dalam pembentukan tulang dan gigi. Sedangkan tembaga diperlukan untuk produksi sel darah merah, dan magnesium penting untuk pertumbuhan tulang

Buah kurma punya lebih dari 200 jenis

Ternyata kurma punya banyak sekali jenis loh Jaknoters! Setiap negara punya kurma favorit masing-masing.

Semua bagian pada pohon buah kurma bisa dimanfaatkan

Daunnya bisa menjadi bahan baku keranjang, karpet, dan nampan. Batang pohon kurma diambil untuk menjadi kerangka tenda dan furniture. Sedangkan seratnya berguna untuk membuat tali, perangkap ikan, hingga bagian dalam kasur dan bantal.

Buah kurma tepat diberikan pada bayi

Buah kurma merupakan salah satu buah terbaik yang cocok jika diberikan pada bayi yang sudah lulus ASI ekslusif. Kekayaan nutrisi dalam kurma dianggap mampu mendukung tumbuh kembang bayi.

Cemilin buah kurma gak bikin gendut!

Jika kamu suka ngemil, coba alihkan ke buah-buahan. Salah satunya ya buah kurma, kenapa? Karena 3-5 biji buah kurma hanya setara dengan 100-150 kalori.

Membantu persalinan secara normal

Beberapa penelitian menunjukkan, rutin mengonsumsi buah kurma pada minggu-minggu terakhir sebelum persalinan, akan mempengaruhi dilatasi serviks yang dapat membantu persalinan secara normal.

Dari banyaknya fakta-fakta menarik di atas, tentu menarik dong jika buah kurma dibuat olahan makanan maupun minuman. Yuk simak 5 olahan buah kurma lezat yang bisa kamu pilih. Bisa kamu buat nih untuk santap bareng keluarga saat berbuka puasa.  

Lengkapi peralatan masak kamu mulai dari sekarang! Temukan berbagai perlengkapan masak termurah dan terlengkap di JakartaNotebook.

  • Es Buah Kurma
Buah Kurma serta 5 Olahan Kurma Lezat | Sumber: Picbear

Seperti resep es buah pada umumnya, es buah kurma hanya berbeda pada bagian isian buah kurma yang dicampur ke dalamnya. Mungkin untuk kamu atau keluarga yang kurang suka es buah yang terlalu manis, bisa mengurangi gula pada es buah kurma. Biarkan sari-sari buah asli yang memberi rasa manis di dalamnya. Es buah jadi lebih menyehatkan dan tetap menyegarkan deh!

  • Puding Kurma
Buah Kurma serta 5 Olahan Kurma Lezat | Sumber: Sahabat Nestle

Puding juga bisa menjadi salah satu menu terbaik untuk berbuka puasa loh. Tekstur yang lembut serta menyegarkan cocok banget loh untuk melepas dahaga setelah seharian berpuasa. Khusus bulan Ramadan ini kamu bisa mencoba membuat puding yang berbeda dari biasanya, yaitu puding kurma.

  • Bolu Kurma Gula Aren
Buah Kurma serta 5 Olahan Kurma Lezat | Sumber: Detikfood

Jika biasanya bolu hanya identik dengan coklat dan keju, ketika bulan Ramadan tiba, kamu bisa mencoba membuat Bolu kurma nih Jaknoters! Bolu kurma ini bahkan bisa kamu santap juga ketika sahur sambil minum teh hangat. Nikmatnya tiap gigitan bolu lengkap dengan potongan-potongan kurma yang memberikan tekstur garing pada bolu kurma. Cocok banget deh pokoknya untuk keluarga.

  • Kurma Salut Coklat
Buah Kurma serta 5 Olahan Kurma Lezat | Sumber: Fimela.com

Kalau olahan kurma yang satu ini pasti jadi favorit anak-anak banget. Ternyata perpaduan rasa coklat dengan manisnya kurma gak bikin eneg loh! Bisa-bisa camilan ini jadi favorit anak-anak di kala buka puasa. Cara pembuatannya juga sangat mudah, kamu hanya perlu mencelupkan buah masing-masing buah kurma ke lelehan coklat. Sesuaikan saja coklat apa yang akan digunakan dengan selera si kecil! Pasti Si Kecil ketagihan dan makin sayang!

  • Nasi Goreng Kurma
Buah Kurma serta 5 Olahan Kurma Lezat | Sumber: Youtube

Mendengar kata "nasi goreng" mungkin sudah biasa. Namun, berbeda dengan nasi goreng kurma, uniknya cara memasak nasi goreng kurma ini tidak memerlukan minyak goreng loh. Nasi goreng kurma ini hanya perlu dimasak dengan air matang saja, lebih sehat kan tentunya! Untuk memasak nasi goreng kurma, bahan-bahan isian lain bisa disiapkan sesuai selera. Kemudian tambahkan saja buah kurma yang sudah dipotong-potong sesuai keinginan. Rasa nasi goreng ini akan jadi gurih-gurih manis gitu. So, cocok untuk menu bukber nih Jaknoters!

Lengkapi peralatan dapur yang bisa membantu kamu memasak lebih praktis dari JakartaNotebook. Dijamin murah loh!