Fakta & Resep Kuliner Korea Halal, Buchimgae

kenalan sama kuliner khas korea yang satu ini yuk! Cobain langsung cara bikinnya!

Fakta & Resep Kuliner Korea Halal, Buchimgae

Kamu suka kuliner korea halal satu ini gak?

Di Indonesia sudah banyak dikenal kuliner Korea halal hingga non-halal. Sejak awal tahun 2000-an, dimana banyak hal seperti drama dan musik dari Korea Selatan mulai masuk di Indonesia bahkan bisa dikatakan sukses merebut hati sebagian besar masyarakat. Mungkin ada banyak kuliner Korea halal yang kita kenal bahkan banyak dijual di Indonesia. Mulai dari makanan gurih hingga manis.

Kali ini, kita akan membahas tentang hidangan khas Korea yang mungkin tidak sepopuler tteokbokki ataupun kimchi. Kuliner satu ini dikenal juga sebagai pancake Korea. Secara umum, pancake Korea terdiri dari jenis yang gurih hingga manis. Makanan ini merupakan salah satu jenis jajanan kuliner Korea halal yang nikmat. Namanya Buchimgae.

Buchimgae mengacu pada apa yang bisa disebut gorengan, kuliner Korea halal satu ini dibuat dari campuran adonan yang dibentuk seperti pancake kemudian digoreng dengan minyak. Buchimgae ini termasuk dalam kategori appetizer, maka sering dihidangkan sebagai makanan pembuka. "Jeon" juga merupakan panggilan lain untuk kuliner Bumchimgae ini.

Jika kamu berpikir bahwa si "pancake Korea" ini sama dengan pancake barat pada umumnya, maka itu adalah salah. Bila pancake barat hanya terdiri dari adonan telur dan tepung, pancake Korea ini terdiri juga dari campuran lain seperti sayur-sayuran yang dii hingga seafood. Buchimgar yang otentik ini bukan hanya dihidangkan dalam keadaan sehari-hari ya Janoters, namun juga pada perayaan penting Korea setiap tahunnya seperti Tahun Baru Imlek Korea dan Festival Panen Korea.

Ingin tahu cara membuatnya? Praktis banget loh! Hanya dengan sayuran "sisa" yang ada di lemari pendingin rumahmu pun bisa menghasilkan Buchimgae ala-ala yang lezat!

Simak resep lengkapnya di bawah ini!

Resep Buchimgae Enak dan Praktis

  • Bahan:

2 & 1/2 cup Tepung terigu serbaguna ( -/+ 330 gram)

2 & 1/2 cup air

1/2 sdt garam

1 butir telur

1 buah kentang

1 buah wortel

1 buah daun bawang

Minyak untuk olesan pan

  • Bahan dipping sauce:

2 sdm gula

4 sdm soy sauce

4 sdm air matang

4 sdm cuka

taburan wijen

Cara Membuat:

  1. Campur tepung dan garam, tambahkan air, aduk rata.
  2. Masukkan kocokan telur, aduk rata.
  3. Masukkan berbagai sayuran yang sudah diiris. Kamu bisa menambahkan irisan cabe jika ingin citarasanya gurih pedas.
  4. Aduk rata semua adonan.
  5. Siapkan pan serta panaskan, beri sedikit minyak agar tidak lengket.
  6. Tuang adonan secukupnya ke dalam pan. (usahakan untuk menggunakan pan anti lengket)
  7. Tunggu hingga bagian bawah mengulit lalu balik Buchimgae.
  8. Masak hingga kedua sisi matang dengan sempurna.
  9. Siapkan saus cocolan
  10. Pancake siap dinikmati dengan saus cocolan.

Praktis kan, Jaknoters!? Tonton video masak Buchimgae Versi Jaknot selengkapnya di sini! Yuk cobain masak kuliner Korea halal satu ini di rumah.