Fakta Virus Corona Serta Tips Menghadapinya, Penting Untuk Disimak!

Waspadai virus corona, berikut fakta serta tips menghadapi virus corona ala JakartaNotebook.

Fakta Virus Corona Serta Tips Menghadapinya, Penting Untuk Disimak!
Dikutip dari CNN, virus corona telah menginfeksi ratusan orang sejak diketahui menyerang Wuhan, China.

Masalah kesehatan yang akhir-akhir ini sedang hangat diperbincangkan adalah Virus Corona. Perlu diketahui bahwa Virus Corona adalah kelompok besar virus yang umum di antara hewan. Para ilmuwan menyebutnya zoonosis,  dimana artinya adalah virus corona dapat ditularkan dari hewan ke manusia, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di AS.

Menghadapi adanya ancaman virus corona yang menyebar kemana saja tentu menggegerkan masyarakat di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Oleh karena itu JakartaNotebook akan mengajak kamu untuk mengetahui tips apa saja yang bisa dilakukan untuk meminimalisir terserang virus corona ini. Namun sebelum itu, mari kita pahami terlebih dulu berbagai fakta penting Virus Corona berikut ini!

Terkenal sebagai sepupunya virus SARS

Dilansir dari situs resmi WHO, virus corona masih merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti MERS dan SARS.

Fatalitas yang belum bisa dipastikan

Penyebaran virus Corona dimulai dari hewan ke manusia. Kini dikenal dengan nama baru yaitu Novel Coronavirus (2019-nCoV). Sayangnya, hingga saat ini tingkat fatalitas serangan virus corona pada manusia belum bisa dipastikan. Karena daya mematikan virus corona bisa berubah seiring meluasnya serangan virus, maka pihak WHO telah memberi panduan dan menyarankan negara siap menghadapi serangan virus.

Gejala Virus Corona

Ketika virus corona mulai menyerang, biasanya akan berdampak pada infeksi saluran pernapasan atas ringan hingga sedang yang sama dengan flu biasa. Gejalanya antara lain adalah pilek, batuk, sakit tenggorokan, pusing, dan demam yang terjadi selama beberapa hari.

Virus corona bisa menyerang siapa saja namun risiko lebih besar akan terjadi pada orang dengan daya tahan tubuh lemah, misal anak kecil dan orang tua. Kemudian virus corona ini akan menyerang infeksi saluran pernapasan bawah yang lebih serius. Hal ini bisa dilihat dari pasien virus corona Wuhan yang kebanyakan berusia lebih dari 40 tahun dan belum ditemukan pada anak-anak.

Penyebaran Virus

Virus corona manusia menyebar dari orang yang terinfeksi ke orang lain melalui berbagai cara, yaitu :

  • Melalui udara dengan batuk dan bersin
  • Kontak pribadi, seperti menyentuh atau berjabat tangan
  • Menyentuh benda atau permukaan dengan virus di atasnya
  • Menyentuh mulut, hidung, atau mata sebelum mencuci tangan
  • Kontaminasi tinja, (jarang terjadi)

Pengobatan Virus Corona

Sama seperti tingkat fatalitasnya, untuk pengobatan virus pun hingga saat ini belum ditemukan obat yang spesifik untuk virus corona. Namun riset dari para ahli di bidangnya tentunya terus dilakukan seiring masifnya serangan virus.

Gejala dari virus corona bisa hilang sendiri loh apabila ditangani sejak dini. Jika gejala dirasakan makin buruk maka harus segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan secepatnya. Biasanya dokter akan menangani gejala virus corona ini dengan meresepkan pengobatan demam dan nyeri.

Fakta Virus Corona Serta Tips Menghadapinya, Penting Untuk Disimak! | Sumber : Shutterstock

Tips Menghadapi Virus Corona

Untuk mencegah atau meminimalisir terserang virus corona ini, ada beberapa hal penting yang bisa kamu lakukan sejak dini nih Jaknoters! diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Cuci tangan yang bersih, sekitar 20 detik dalam posisi air mengalir.
  • Ketika batuk atau bersin, jangan lupa gunakan tissue.
  • Masker adalah suatu kewajiban
  • Hindari konsumsi daging mentah
  • Segera periksa ke rumah sakit apabila mengalami gejala virus corona seperti di atas.

Memilih Masker dengan Tepat

Pada saat ini tentu beredar begitu banyak masker. Masker sendiri juga memiliki banyak kegunaan. Namun perlu kamu ketahui apabila kamu ingin menggunakan masker, kamu juga perlu tahu apakah masker yang ingin kamu gunakan tersebut cocok dengan keadaan atau situasi yang hendak kamu hadapi.

Nah, dalam hal ini, untuk menghadapi mewabahnya virus corona, kamu harus pinta-pintar memilih masker yang tepat nih Jaknoters! Bukan hanya untuk mengikuti orang-orang, namun agar dampak dari penggunaan masker mu juga maksimal. Salah satu masker yang tepat digunakan ketika menghadapi situasi virus corona ini adalah masker N95 dan masker bedah.

Dikutip dari detikhealth, secara teori masker N95 memiliki kemampuan yang lebih baik untuk menyaring partikel-partikel halus. Soal kemampuan menyaring, masker N95 lebih baik dibanding masker bedah. Namun terkait pencegahan virus corona, pakar infeksi dari Kementerian Kesehatan Singapura menyebut bahwa masker bedah lebih dianjurkan. Masker bedah ini lebih praktis dibandingkan masker N95, selain itu masker bedah memiliki kemampuan menangkap partikel droplet (bercak dahak) agar tidak langsung masuk ke pernapasan.

Pilihlah masker yang nyaman digunakan serta bermanfaat yah Jaknoters!

Berbagai tips di atas tentu mudah untuk kamu lakukan bukan?! Demi kesehatan, diharapkan Jaknoters semua bisa memahami dan memperhatikan fakta serta tips mencegah virus corona ini dengan seksama yah.

JakartaNotebook bisa membantu kamu menemukan berbagai masker anti virus terbaik yang tepat untuk bisa kamu gunakan dalam rangka menghindari atau meminimalisir serangan virus corona. Cek langsung di sini yah!

Jaga kesehatan terus yah Jaknoters!