10 Fun Fact Dibalik Asiknya Gowes

10 Fun Fact Dibalik Asiknya Gowes

Hai Jaknoters....

Aktivitas bersepeda atau yang kini lebih kita kenal dengan sebutan gowes memang sangat seru dan menyenangkan ya. Selain menyenangkan, aktivitas bersepeda juga menyehatkan serta bisa dijadikan untuk sarana rekreasi. Sambil gowes, bukan hanya tubuh kita yang ikut sehat namun pikiran kita juga pasti ikutan rileks karena bisa melihat-lihat pemandangan alam sekitar yang menenangkan. Apalagi di saat-saat situasi hidup seperti ini, tentunya kita membutuhkan hal-hal baik yang bisa mengalihkan atau menjauhkan pikiran negatif. Kamu tidak perlu bersepeda jauh-jauh, cukup di sekitaran kompleks perumahan beberapa kali tentu akan bermanfaat. Namun, jangan lupa untuk tetap kenakan perlengkapan bersepeda ya untuk alasan keamanan serta kenyamanan kamu saat sedang gowes.

Tahu gak sih kamu kalau ada banyak fun fact seputar aktivitas gowes yang ternyata menarik untuk dibahas loh Jaknoters! Simak 10 diantaranya di bawah ini yuk!

10 Fun Fact Dibalik Asiknya Gowes | Sumber : Shutterstock
  • Sepeda pertama

Tau gak sih kalau pabrik sepeda yang pertama kali didirikan itu ada di Inggris pada tahun 1885. Pabrik ini didirikan oleh orang bernama James Starley.

  • Pengguna sepeda

Ada lebih dari 1 miliar sepeda saat ini digunakan di seluruh dunia.

  • Desain sepeda

Desain sepeda olahraga untuk laki-laki dan perempuan ternyata berbeda loh, desain sepeda untuk perempuan tidak horizontal namun sedikit melengkung. Hal ini melalui pertimbangan bahwa pengendara sepeda perempuan sering menggunakan rok.

  • Sepeda terpanjang

Sepeda sambung terpanjang yang pernah dibuat sejauh ini mencapai 67 kaki dengan 35 kursi. Wah gowesnya gimana tuh?

  • Kalori yang terbakar

Jika kamu adalah salah satu orang yang tertarik gowes untuk kebutuhan mendapatkan tubuh ideal kamu harus tau hal ini. Kalau kamu gowes dengan kecepatan 19-22 Km/Jam dengan sedikit cepat, akan membakar 544 kalori. Lalu, apabila kamu gowes dengan kecepatan 22-26 Km/Jam, atau cepat akan membakar 680 kalori per jam. Lumayan banget kan kalau dilakukan rutin!

  • Mengurangi stres

Tuh bener kan kalau gowes itu bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh tapi juga mental. Kegiatan bersepeda ternyata dapat meningkatkan endorfin dalam tubuh loh. Endorfin sendiri merupakan salah satu hormon yang diproduksi oleh tubuh dan dapat memicu perasaan senang, tenang atau bahagia. Mengayuh sepeda yang menciptakan irama kayuhan secara berulang merupakan salah satu cara untuk menghilangkan stres. Selain itu, ketika kamu memilih untuk gowes di alam bebas, tentunya pemandangan yang ada di sekitarnya akan memberikan rasa rileks dan melupakan stres.

  • Pegowes adalah orang paling ramah sedunia

Kalian yang suka gowes pasti paham maksudnya. Ketika saling berpapasan saat bersepeda, pasti kebanyakan mereka saling sapa dengan melemparkan senyum, atau bahkan memberikan sapaan singkat serta lambaian tangan. Bayangkan saja, hal itu bisa dilakukan para pelaku gowes satu sama lain sekalipun tak saling kenal Di era modern seperti sekarang ini, apalagi di kota-kota besar yang penuh dengan masyarakat yang cuek rasanya saling menyapa adalah sebuah aktivitas langka deh!

  • Gowes itu kebersamaan

Semua orang yang suka bersepeda, tidak peduli jenis sepeda atau berapa harganya sepeda yang kamu kendarai tidak akan mempengaruhi kegiatan gowes kamu. Hal ini dikarenakan bahwa yang penting untuk diutamakan adalah kebersamaan.

  • Sepeda lebih keren daripada mobil

Ternyata ada sedikitnya 7 kota di dunia yang lebih memilih berkendara dengan sepeda ketimbang kendaraan bermotor loh! Salah satunya adalah Paris Perancis. Menurut banyak penduduk di sana, tak ada cara yang lebih baik untuk mengeksplor jalanan serta tempat wisata selain dengan mengayuh sepeda sendiri.

  • Gowes meningkatkan kreatifitas.

Sebuah studi menemukan bahwa ternyata dengan melakukan 25 menit latihan bersepeda mampu meningkatkan kreatifitas berpikir. Hmm..patut dicoba nih!

www.jakartanotebook.com

Temukan berbagai sepeda lengkap dengan aksesorisnya hanya di JakartaNotebook! Cek website dan aplikasinya sekarang!