Ini Jadwal Buka Puasa 2024 dan Tradisi Buka Puasa di Indonesia!

Simak berbagai tradisi buka puasa di Indonesia dan jadwal buka puasa biar kamu enggak pernah kelewatan. Simpan dan screenshot ya!

Ini Jadwal Buka Puasa 2024 dan Tradisi Buka Puasa di Indonesia!
Image Source: Freepik/freepik

Menjadi bulan yang paling istimewa bagi mayoritas masyarakat di Indonesia dan memiliki kesan spiritual yang kental, Ramadhan 1445 H ini jatuh pada bulan Maret 2024. Bulan di mana umat Islam secara khusyuk menjalankan ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Ramadhan merupakan bulan untuk berpuasa bagi umat Islam di mana mereka menahan diri dari makan, minum, dan perilaku yang dianggap membatalkan puasa dari fajar hingga matahari terbenam.

Di Indonesia, bulan Ramadhan biasanya ramai diisi dengan berbagai tradisi, salah satunya adalah tradisi yang dilakukan saat berbuka puasa. Waktu saat mengakhiri hari puasa dengan menghargai nikmat makanan dan minuman setelah menahan diri sepanjang hari.

Kali ini, JakartaNotebook akan membagikan jadwal buka puasa dan tradisi yang dilakukan saat berbuka puasa di Indonesia, biar kamu enggak pernah kelewatan. Jadi pastikan untuk simpan dan screenshot ya!

Jadwal Buka Puasa di Indonesia

Memastikan untuk mengetahui jadwal buka puasa merupakan hal yang penting. Hal ini karena memerhatikan jadwal buka puasa adalah bentuk ketaatan kepada ajaran agama Islam.

Al-Qur'an menjelaskan untuk melakukan ibadah puasa sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan, yaitu berbuka puasa saat terbenamnya matahari dan menahan diri dari makanan dan minuman selama siang hari, serta hadis yang menegaskan untuk menyegerakan waktu berbuka puasa.

Jadwal Buka Puasa di Indonesia

Jadwal puasa 2024 juga bisa kamu dapatkan melalui website resmi Kementerian Agama (Kemenag) RI Bimas Islam Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Islam dengan cara berikut ini:

  1. Klik link bimasislam, kemudian pilih PROVINSI, KEBUPATEN/KOTA, dan TAHUN yang sesuai.
  2. Klik simbol pencarian (kaca pembesar) untuk mengonfirmasi, lalu jadwal Ramadhan akan ditampilkan.

Tradisi Buka Puasa di Indonesia

Tradisi Buka Puasa di Indonesia
Image Source: Freepik

Di Indonesia, budaya buka puasa atau yang biasanya dikenal dengan istilah "berbuka bersama" menjadi suatu fenomena dan ajakan yang paling sering kamu temui.

Bagaimana tidak, bulan Ramadhan ini juga menjadi saat yang tepat untuk kembali bertemu dengan keluarga, teman, dan orang-orang yang lama tidak kita temui dengan mengajak mereka menikmati hidangan buka puasa. Berikut beberapa tradisi buka puasa di Indonesia!

1. Keliling untuk Ngabuburit

Ngabuburit atau istilah yang digunakan di Indonesia untuk menggambarkan aktivitas yang dilakukan menjelang berbuka puasa. Sebenarnya, istilah "ngabuburit" ini merupakan bahasa gaul atau bahasa sehari-hari yang berasal dari Bahasa Sunda yang secara harfiah berarti "menunggu berbuka".

Sering menjadi waktu yang tepat untuk bermain games bersama teman-teman, ngabuburit juga diisi dengan aktivitas rekreasi lainnya seperti jalan-jalan ke taman, pusat perbelanjaan, atau mengunjungi pasar Ramadhan untuk membeli makanan dan minuman berbuka puasa.

Pasar Ramadhan menawarkan berbagai macam hidangan mulai dari makanan berat hingga camilan ringan seperti kue kering, kolak, bubur, sate, ketupat, dan lain-lain.

2. Mengadakan Buka Puasa Bersama

Salah satu ciri khas budaya buka puasa di Indonesia adalah kegiatan berbuka bersama. Keluarga, teman, tetangga, atau komunitas biasanya berkumpul untuk berbuka puasa bersama-sama di rumah, masjid, atau tempat-tempat umum lainnya.

Berbuka bersama ini tidak hanya sebagai momen untuk menikmati makanan bersama, tetapi juga sebagai ajang untuk mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan kebersamaan.

3. Menyantap Hidangan Khas Buka Puasa

Tentunya ada beragam makanan khas yang disajikan saat berbuka puasa di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah kurma, dan kolak yang terkenal sebagai makanan manis berisi pisang, ubi, serta kolang-kaling yang direbus bersama dengan santan dan gula.

Selain itu, ada juga es buah, takjil (camilan ringan), hingga hidangan berat untuk makanan utama. Makanan-makanan ini menjadi ikonik dalam budaya buka puasa di Indonesia karena kamu dapat dengan mudah menemui cincau, buah blewah, dan timun suri di hampir setiap pasar Ramadhan.

4. Berbagi Hidangan Buka Puasa

Budaya berbagi juga menjadi bagian penting dari buka puasa di Indonesia. Banyak orang yang menyediakan hidangan buka puasa tambahan untuk disumbangkan kepada orang-orang di sekitar atau yang membutuhkan, seperti fakir miskin, janda, yatim piatu, atau pengemis.

Tradisi ini juga merupakan wujud dari cerminan nilai-nilai kepedulian dan kebersamaan yang diajarkan oleh agama Islam. Kegiatan keagamaan dan sosial juga biasanya diadakan bulan Ramadan, dan bertepatan sebelum atau setelah berbuka puasa. Misalnya, pengajian, tarawih, berbagai kegiatan sosial seperti penggalangan dana untuk amal, pemberian makanan gratis, atau kegiatan-kegiatan sosial lainnya.

JakartaNotebook punya berbagai rekomendasi kebutuhan rumah tangga untuk mendukung kegiatan kamu selama bulan Ramadhan. Temukan food chopper, saringan teh, set pisau dapur, hingga dispenser galon air secara lengkap dengan harga dan promo terbaik!