Makna Dibalik Bulan Desember

Makna Dibalik Bulan Desember

Jika berbicara tentang bulan Desember, apakah ada yang terlintas dipikiran kamu selain Natal atau Liburan? Ternyata ada beberapa fakta menarik lain loh dibalik makna bulan Desember ini. Bulan ke-12 dari sistem penanggalan Julian dan Gregorian ini menyimpan begitu banyak fakta unik dan menarik. Belum tau?

Yuk kita cari tau sekarang!

Desember itu bulan kesepuluh

Di awal perumusan sistem kalender, bangsa Romawi hanya membuat 10 hitungan bulan saja loh. Ke-10 bulan itu antara lain, Martius (31 hari), Aprilis (30 hari), Maius (31 hari), Junius (30 hari), Quintilis (31 hari), Sextilis (30 hari), Septalis (31 hari), Octolis (31 hari), Novelis (30 hari), Decemberis (31 hari).

Perhitungan awal tahun pada saat itu ternyata dimulai pada bulan Martius atau Maret seperti yang kita kenal sekarang. Dari bahasa latin sendiri, Decem artinya sepuluh. So, ternyata di awal pembentukan perhitungan kalender, bulan Desember ternyata bukan bulan ke-12, melainkan bulan ke-10. Namun sejak Januari dan Februari diciptakan dari periode tanpa bulan dan ditambahkan ke awal kalender menjadi bulan kesatu dan kedua, barulah hitungan kalender terdapat 12 bulan.

Awalnya tidak berjumlah 31 hari

Dulunya...bulan Desember itu hanya terdiri dari 30 hari loh, bahkan kemudian dipersingkat menjadi 29 hari ketika bulan Januari dan Februari ditambahkan pada sekitar tahun 700 SM. Namun, selama reformasi kalender Julian berlangsung, dua hari ditambahkan lagi pada bulan Desember sehingga menjadi berjumlah 31 hari hingga saat ini.

Bulannya para Sagitarius & Capricon

Bagi Jaknoters yang lahir di bulan Desember, pastinya kalian memiliki bintang Sagitarius atau Capricorn. Mari kita bahas satu per satu.

Zodiak Sagitarius mulai dengan siklus periode 23 November-20 Desember. Sagitarius ini dilambangkan dengan gambar manusia berbadan kuda yang menarik busur panah. Orang dengan zodiak ini biasanya memiliki minat belajar yang besar, optimistis, religius, memiliki sifat yang menyenangkan, bijaksana, dan gemar mengeksplorasi ide-ide. Di balik itu, pemilik zodiak ini juga memiliki sifat yang terkadang merugikan dirinya sendiri maupun orang lain loh seperti lalai, tidak bertanggung jawab serta suka bohong.

Kalau si Capricorn lahir di periode tanggal 21 Desember-21 Januari. Mereka ini biasanya merupakan orang yang mengutamakan kesuksesan, memiliki loyalitas tinggi, bersikap bijaksana, dan bertanggung jawab. Tapi zodiak dengan simbol kambing ini juga memiliki sifat negatif yang nggak bagus kalau dipertahankan, antara lain adalah suka tergesa-gesa, kurang simpati sosial, memiliki kekhawatiran yang berlebihan dan terlalu sering memandang pesimis akan  suatu hal.

Simbol-simbol bulan Desember

Ternyata di setiap bulan selalu ada simbol-simbol menarik sebagai perwakilan loh. Bukan hanya 1, ternyata bulan Desember memiliki beberapa simbol dengan maksud atau makna masing-masing. Apa aja sih?

  • Simbol Air

Dikutip dari The Minds Journal, orang yang lahir di bulan Desember adalah orang yang memiliki sifat seperti air, maka mereka bisa mengubah sifat mereka sesuai dengan situasi dan kondisi. Ia bisa menjadi seorang yang tenang seperti air di danau, atau bahkan meluapkan amarahnya seperti gelombang besar di lautan. Jaknoters yang lahir di bulan ini biasanya menjadi orang yang paling memahami diri sendiri.

  • Batu Turqouise dan Tanzanite

Batu kelahiran pada bulan Desember ini adalah batu pirus biru (blue turquoise). Batu pirus biru adalah batu permata yang populer karena warnay yang indah. Batu ini menyimbolkan keberuntungan dan kesuksesan, karena batu ini merupakan salah satu batu paling awal yang digunakan dalam perhiasan pada sekitar awal 5500 SM.

Selain batu Turqouise, batu kedua yang jadi simbol birthstone di bulan Desember adalah batu Zircon. Batu ini merupakan mineral yang biasanya ditemukan sebagai deposit di batu granit dan metamorf dengan kualitas menempati di urutan ke 5 setelah batu intan.

  • Bunga Kastuba

Apakah bunga ini merupakan bunga yang familiar?

Bunga Kastuba atau Poinsettia (internasional) ini berasal dari Negara Meksiko. Bunga ini identik dengan warna merah menyala dan juga sering disebut dengan sebutan “Bunga Natal”. Hal ini tidak terlepas dari perayaan Hari Natal yang jatuh pada tanggal 25 Desember tiap tahunnya.

Bunga Kastuba ini pun memiliki makna tersendiri bagi mereka yang terlahir pada bulan Desember, antara lain melambangkan kesucian, kebahagiaan, kesuksesan, harapan dan perayaan. Wah, ternyata dalam banget ya makna dari bunga Kastuba ini.

Nah...pas banget kan, menjelang perayaan Natal biasanya kita nemuin ornamen-ornamen atau bunga yang berwarna merah dipasaran. Selain itu, juga banyak aksesoris lain yang berguna untuk mendekor rumah maupun tempat kerja agar semakin membawa christmas vibes. Kamu bisa memanfaatkan lampu-lampu cantik ini untuk memperindah pohon natal atau dekorasi natal.

Tentunya kalian dapat mendapatkan lampu-lampu unik di atas dengan harga yang terjangkau banget dari JakartaNotebook dibandingkan toko lainnya. Yuk cek produknya sekarang!