Filosofi 8 Makanan Ulang Tahun dari Berbagai Negara

Filosofi 8 Makanan Ulang Tahun dari Berbagai Negara

Apa makna makanan dan minuman yang biasa wajib ada saat ulang tahun?

Hai Jaknoters! Siapa nih yang berulang tahun di bulan ini? SELAMAT ULANG TAHUN YA 🥳

Nah, mana nih diantara kamu yang setiap ulang tahun diminta makan makanan ulang tahun yang wajib oleh orang tua? Seringkali makanan ulang tahun ini menggantikan kue tart yang biasanya ada di saat perayaan ulang tahun. Tahu gak sih kalau ternyata perintah untuk makan makanan ulang tahun wajib itu karena makanan tersebut memiliki makna tertentu untuk dirimu loh! Entah ini benar adanya atau hanyalah sebuah mitos jaman dahulu, gak ada salahnya kan untuk kita ketahui!

Berikut beberapa makanan ulang tahun dari berbagai negara beserta maknanya, Check this out!

  • Tumpeng dari Indonesia

Mungkin banyak dari antara kamu yang merayakan ulang tahun dengan kue ulang tahun yang dihias dengan cantik ditambah lilin yang menyala di atasnya, kemudian meniupnya. Namun, di Indonesia sendiri tidak jarang kue ulang tahun digantikan dengan nasi tumpeng. Makanan ulang tahun dari Indonesia ini ternyata memiliki makna rasa syukur dan perayaan.

Menurut tradisi Islam di Jawa, "tumpeng" merupakan akronim dari bahasa Jawa, yakni yen metu kudu sing mempeng (kalau keluar harus dengan sungguh-sungguh). Biasanya, lauk-pauk yang mengiringi gunungan nasi tumpeng jumlahnya ada tujuh. Angka tujuh dalam bahasa Jawa disebut dengan pitu, maksudnya adalah pitulungan (pertolongan).

So, dalam sebuah nasi tumpeng yang meriah itu terdapat banyak harapan serta rasa syukur.

  • Sup Nori dan Kue Kacang dari Korea

Layaknya kue ulang tahun, tanpa makan sup rumput laut di hari ulang tahun orang Korea dianggap belum lengkap loh! Ternyata makanan ulang tahun wajib Korea satu ini memiliki makna yaitu bukti bahwa kamu yang berulang tahun adalah pribadi yang berharga dan dikasihi oleh orang-orang disekeliling kamu.

Selain sup rumput laut, makanan ulang tahun yang biasanya ada saat ulang tahun anak-anak di Korea yaitu kue kacang merah dengan bentuk yang unik. Kue kacang merah ini biasanya diletakkan di sudut-sudut rumah. Kue kacang merah ini diberikan orangtua dengan kepercayaan bahwa kue ini akan membawa kamu pada keberuntungan dan kebahagiaan.

  • Mie Panjang Umur dari China

Jika kamu adalah keturunan Tionghoa, tentu kamu tahu bahwa mie panjang umur akan selalu ada di setiap perayaan ulang tahun orang Tionghoa. Sajian mie goreng ini ditujukan bagi orang yang berulang tahun. Namun, seringkali mi ulang tahun juga disantap bersama kerabat serta tamu undangan. Filosofi dari makanan ulang tahun ini dianggap sebagai simbol atas harapan berumur panjang.

  • Jollof dari Nigeria
Sumber : The Food Disciple

Berbeda dengan negara-negara Asia di atas, di Nigeria sendiri ketika merayakan ulang tahun, umumnya masyarakat memanggang sapi atau kambing untuk disuguhkan. Hidangan ini dikenal dengan sebutan jollof, biasanya disajikan juga dengan nasi. Penganan ini terbuat dari tomat, paprika merah, dan bawang.

  • Payesh dari India

Di India sendiri, makanan ulang tahun yang biasa wajib ada yaitu payesh atau pudding beras. Payesh ini terbuat dari nasi, susu, gula, serta rempah lain seperti kapulaga, kunyit, dan daun salam. Tradisi makan payesh disebut mayer hat’er payesh yang artinya payesh buatan ibu. Nah, santapan ini menjadi sebuah harapan bagi orang yang berulang tahun agar tidak akan lupa akan ibu yang telah melahirkan dan membesarkannya.

  • Fairy Bread dari Australia

Fairy bread? apa tuh? Ini adalah hidangan roti khas Australia yang tampilannya imut. Tampilannya sangat sederhana, yaitu roti tawar yang diolesi mentega kemudian ditaburi meses atau permen warna-warni. Hidangan fairy bread ini selalu ada di perayaan ulang tahun anak-anak Australia. Sama seperti tampilannya, makna makanan ulang tahun ini adalah keceriaan dan kegembiraan.

  • Fortune Cake dari Inggris

Beda dari Australia, makanan ulang tahun yang wajib di Inggris yaitu Fortune Telling Cake. Fortune-Telling Cake memiliki beragam bentuk dan rasa yang berbeda. Kue ini berbentuk bolu panggang yang diisi oleh beberapa benda kecil dan permen manis. Bukan hanya permen, yang juga dimasukkan ke dalam kue ini yaitu koin untuk melambangkan kekayaan sehingga orang yang beruntung menggigit koin diramalkan akan menikmati kekayaan di masa depannya.

  • Kue Mochi dari Jepang

Siapa di sini yang suka makan mochi? Tau gak sih kalau untuk masyarakat Jepang, biasanya merayakan ulang tahun dengan makanan ulang tahun yaitu mochi manis aneka varian. Biasanya dibuat kecil-kecil agar bisa dinikmati bersama oleh teman-teman. Mochi ini terbuat dari adonan tepung beras yang bertekstur kenyal.

Kamu paling suka makanan ulang tahun yang mana nih?


Pantengin terus JakartaNotebook.com untuk kejutan spesial ulang tahun JakartaNotebook!