Makna Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri, Bukan Hanya Sekedar Mohon Maaf

Makna Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri, Bukan Hanya Sekedar Mohon Maaf

Tak terasa ya Jaknoters, sebentar lagi hari raya Idul Fitri sudah dekat. Sedihnya tahun ini mungkin banyak dari kita yang tidak bisa kembali ke kampung halaman untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga tercinta. Namun demi cinta untuk keluarga juga sebaiknya kita memilih untuk tidak kembali ke rumah sesuai himbauan pemerintah. Saat hari raya Idul Fitri tiba biasanya kita saling mengirimkan parcel lebaran atau sekedar ucapan selamat hari raya Idul Fitri. Salah satu ucapan lebaran yang paling banyak digunakan adalah Selamat Hari Raya Idul Fitri, Minal ‘Aidin wal Faidzin. Ucapan selamat hari raya Idul Fitri seperti ini sering kita temukan dari ucapan lebaran secara lisan maupun di kartu ucapan Idul Fitri. Namun banyak yang masih salah mengartikan ucapan lebaran yang satu ini, arti dari ucapan ini bukan hanya bermakna mohon maaf, tetapi berkaitan tentang kemenangan. Mau tahu lebih dalam lagi tentang makna lebih dari ucapan hari raya selamat Idul Fitri ini, simak di bawah yuk!

Makna Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri, Bukan Hanya Sekedar Mohon Maaf | Sumber : Freepik

Ucapan Minal Aidin Wal Faidzin terdiri dari beberapa kata. Ucapan ini bila digabungkan artinya bukanlah 'mohon maaf dan lahir batin'. Melainkan apabila diartikan secara kata per kata, Minal Aidin Wal Faidzin ini mengandung makna yaitu orang-orang yang datang kembali sebagai seorang yang menang. Begitu juga dengan hari raya Idul Fitri, hari yang dinanti oleh seluruh masyarakat muslim. Hari raya Idul Fitri bukan hanya masalah selesai puasa dan penampilan baru. Idul Fitri merupakan kebahagiaan diperuntukan bagi siapa saja yang bertambah ketaatannya. Hari raya Idul Fitri adalah puncak dari pelaksanaan ibadah puasa yang memiliki makna berkaitan erat dengan tujuan dari kewajiban berpuasa itu sendiri yaitu manusia yang bertaqwa. Dengan demikian, uraian di atas bisa menjelaskan bahwa makna Idul Fitri serta ucapan selamat hari raya Idul Fitri nya ini berkesinambungan. Diantara kebahagiaan akan ketaatan serta hari kemenangan.

Sambut hari penuh kemenangan Idulfitri 1 Syawal 1441 Hijriah bersama dengan JakartaNotebook! Ikut belanja perlengkapan Idulfitri kamu di sini!