Dunia Anak adalah Dunia Bermain, Pahami Manfaatnya!

Dunia Anak adalah Dunia Bermain, Pahami Manfaatnya!

Halo Moms...tahukah kamu jika hari ini adalah Hari Anak Sedunia? Berhubung hari ini merupakan Hari Anak Sedunia, mari kita bahas tentang dunia anak.

Seperti yang harus kita ketahui bersama, bermain merupakan sifat naluriah seorang anak. Ketika anak telah memasuki usia yang aktif, aktivitas yang paling mengasyikan untuk mereka adalah bermain. Bermain adalah kebahagiaan bagi anak-anak karena mereka dapat mengekspresikan berbagai perasaannya. Selain itu, manfaat bermain lainnya juga dapat membantu si kecil untuk bersosialisasi dan beradaptasi dengan lingkungannya.

Namun mirisnya, tak sedikit orang tua berpikir kalau aktivitas bermain tidak ada gunanya. Padahal, bermain memiliki banyak manfaat untuk proses pertumbuhannya karena mereka dapat mempelajari banyak hal dari bermain. Mulai dari membantu mengembangkan imajinasi anak, kreativitas, serta kemampuan dalam memecahkan masalah loh, Moms.

Pada dasarnya kegiatan bermain adalah anak-anak melakukan tindakan sederhana untuk mengeksplorasi kegiatan. Yuk kita bahas manfaat bermain apa aja sih yang berguna bagi tumbuh kembang Si Kecil!

foto : ilustrasi
  • Memahami diri sendiri

Ketika hendak bermain, anak akan menentukan pilihan mengenai apa yang akan dia mainkan, di mana, serta dengan siapa mereka akan bermain. Semua pilihan tersebut akan membentuk gambaran serrta membantu mereka untuk mengendalikan diri.

  • Meningkatkan kepercayaan diri

Manfaat bermain bagi anak dalam proses pertumbuhannya adalah meningkatkan kepercayaan diri. Permainan akan mendorong keterampilan fisik, sosial, emosional, dan intelektual mereka. Dengan begitu, mereka akan dengan mudah bersosialisasi dengan orang lain tanpa malu-malu.

  • Memperlancar bahasa

Si kecil suka bermain dengan bonekanya? Hal itu sangat bermanfaat untuk melatih bahasa dan kosakata anak dalam masa belajar berbicara loh Moms. Ketika si kecil sedang berbicara dengan bonekanya, itu artinya dia sedang berimajinasi. Hal inilah yang akan membuat si kecil lancar berbahasa nantinya, karena si kecil terus berbagi cerita dengan bonekanya.

  • Mengembangkan pola sosialisasi serta emosi

Dengan bermain, sosialisasi anak dengan orang lain dapat terlatih. Anak akan mempelajari nilai keberhasilan pribadi saat bermain dalam kelompok. Selain pola sosialisasi, perasaan atau emosi anak pun bisa diperkaya ketika mereka bermain peran dengan sesamanya.

  • Melatih motorik

Bermain juga dapat melatih kemampuan motorik si kecil. Hal tersebut akan membantu anak untuk menyeimbangkan antara motorik halus dan kasar yang berpengaruh pada perkembangan psikologis. Proses bermain memberi kesempatan kepada si kecil untuk mempelajari cara menghadapi situasi kehidupan serta memahami dan menganalisis persoalan yang mereka hadapi saat bermain.

  • Mengembangkan Imajinasi

Imajinasi berkaitan dengan yang namanya kreativitas. Ide-ide asli yang tersimpan di dalam pikiran akan mereka keluarkan dengan mudah meskipun terkadang terasa abstrak bagi para orang tua. Dengan mengembangkan imajinasi mereka, anak-anak juga bisa menemukan minat baru. Selain itu, bermain juga akan membantu anak terhindar dari stres akibat rutinitas harian yang membosankan.

Nah...bermain adalah aktivitas bermanfaat yang memiliki aspek-aspek menyenangkan. Itu dia berbagai manfaat bermain bagi anak dalam proses tumbuh kembangnya. Ingat, sebagai Mommy yang cerdas, kamu juga harus selalu menggunakan kalimat positif agar anak selalu bersemangat dalam melakukan sesuatu lebih baik lagi.

SELAMAT HARI ANAK SEDUNIA !

foto : ilustrasi

Dapatkan berbagai kebutuhan serta permainan edukasi untuk anak-anak yang pastinya bisa membantu proses pertumbuhan mereka, dengan harga yang termurah hanya di JakartaNotebook!

Temukan Produk!

Klik Disini!