13 Manfaat Berpelukan untuk Kesehatan Mental Anak, Serta Waktu yang Tepat

13 Manfaat Berpelukan untuk Kesehatan Mental Anak, Serta Waktu yang Tepat

Berpelukan itu penting dan sangat bermanfaat bagi kesehatan si kecil!

Memeluk dapat digambarkan sebagai jabat tangan dari hati. Sebuah tindakan sederhana seperti merangkul yang bisa menciptakan energi positif bagi pemberi dan penerima. Hal ini bukan semata-mata sebuah rasa yang semu, namun beberapa ilmu pengetahuan telah meneliti dan melihat efek positifnya. Ada berbagai jenis dan penelitian yang berkaitan dengan pelukan dan sentuhan yang menunjukan kesimpulan bahwa manfaat berpelukan ini sangat berpengaruh baik dalam perkembangan manusia.

Mulai dari sejak dini, anak-anak di rumah tentu membutuhkan kasih sayang yang penuh dari orang tuanya. Salah satu ungkapan rasa sayang yang akan memberikan manfaat baik bagi tumbuh kembang mereka baik untuk fisik maupun kesehatan mental adalah berpelukan.

Rutin memeluk buah hati pada akhirnya akan memberikan banyak manfaat berpelukan yang sangat baik bagi tumbuh kembangnya bahkan kesehatan mentalnya, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Si kecil semakin percaya diri | Sumber: Shutterstock
  1. Menumbuhkan perasaan "dicintai dan didukung"
  2. Membuat diri semakin relax dan minim depresi
  3. Mudah melepaskan berbagai masalah yang melanda
  4. Berpelukan bisa membentuk rasa percaya dan aman dari seseorang terhadap yang lain.
  5. Memudahkan orang untuk lebih terbuka dan jujur ketika berkomunikasi.
  6. Meningkatkan oxytocin yang bisa membantu memulihkan perasaan negatif seperti kemarahan, kesepian, dan lain-lain.
  7. Menguatkan sistem kekebalan dalam tubuh.
  8. Semua jenis pelukan mampu meningkatkan rasa percaya diri dalam karakter anak karena berhubungan dengan self-love.
  9. Menjaga kesehatan hati, dengan memberikan pelukan maka mampu membuat kondisi baik untuk tekanan darat dan heart rate seseorang.
  10. Pelukan mirip dengan meditasi, maka dengan memberikan pelukan maka manfaat berpelukan yang akan dirasakan yaitu lebih tanggap dengan situasi saat ini.
  11. Bahkan untuk anak bayi yang baru lahir, penelitian mengatakan bahwa banyak sekali manfaat berpelukan antara sang ibu dan bayi seperti untuk meredakan tangisan hingga membuat mereka terlelap dengan mudah.
  12. Mengurangi hormon stres secara alami ketika mulai merasa lelah atau tertekan dalam suatu kondisi.
  13. Meminimalisir rasa takut dan cemas berlebih.

Nah, ketiga belas poin manfaat berpelukan untuk kesehatan mental anak di atas sangat penting dan wajib diterapkan pada anak kita saat ini. Karena, kesehatan mental saat ini bukan lagi menjadi sesuatu yang dianggap remeh dibandingkan kesehatan fisik.

Jika kamu ingin tumbuh kembang buah hati berjalan dan berproses dengan lancar, maka sebaiknya rutinlah untuk memberikan pelukan yang hangat kepada mereka. Sedikit tips lagi untuk para orang tua, sebaiknya kamu memeluk anak-anak pada beberapa waktu berikut, seperti:

  • Bangun tidur
    Saat bangun pagi, mungkin buah hati merasa lesu. Untuk itu, sebuah pelukan dari orangtua tentu mampu membangkitkan semangat anak dalam mengawali hari.
  • Berangkat sekolah
    Dengan memeluk anak sebelum masuk belajar di sekolah, apalagi di depan teman-temannya, maka hal itu bisa menunjukan bahwa anak dicintai. Hal ini mampu mengurangi tingkat stres anak saat di sekolah.
  • Sepulang sekolah
    Sambutan hangat berupa pelukan kepada si kecil saat mereka pulang sekolah merupakan momen yang tepat bagi mereka karena dengan itu, segala rasa penat setelah seharian belajar akan terasa berkurang.
  • Waktu orangtua pulang kerja
    Apabila kamu bekerja di luar rumah, dan jarang memiliki waktu 24/7 bersama si buah hati, maka penting sekali untuk selalu memeluknya ketika kamu pulang bekerja. Karena hal ini bisa menjadi simbol bagi anak untuk menyadari jika orang tua mereka akan selalu ada dan tidak melewatkan waktu begitu saja.
  • Beraktivitas bersama
    Saat menikmati liburan bersama anak-anak, atau sekedar beraktivitas sehari-hari. Berikanlah pelukan pada anak di sela-sela waktu kamu mendampingi anak, maka dirinya akan selalu merasa dicintai orang tuanya.
  • Sebelum mereka tidur
    Sesaat sebelum anak-anak terlelap di kamar tidur mereka, sebaiknya orang tua menghampiri mereka hanya untuk sekedar memberikan pelukan hangat sebelum tidur. Hal ini bisa membantu mereka tidur lebih nyenyak dan merasa aman sepanjang malam.

Miliki lampu tidur cantik ini untuk menemani si kecil semalaman! Unik banget loh!