Mengenal 10 Cabang Olahraga di Dunia yang Kurang Diminati di Indonesia Dalam Rangka Hari Olahraga Nasional 2020

Mengenal 10 Cabang Olahraga di Dunia yang Kurang Diminati di Indonesia Dalam Rangka Hari Olahraga Nasional 2020

Selamat Hari Olahraga Nasional 2020, Jaknoters!

Di bulan September tahun ini, Indonesia memperingati Hari Olahraga Nasional. Hari Olahraga Nasional diperingati setiap tanggal 9 September. Pada saat memperingati hari ini, mungkin bisa dijadikan momen untuk meningkatkan sportivitas olahraga di Indonesia tercinta. Namun, peringatan hari ini bisa juga untuk kamu mengenang serta mengenal dunia olahraga lebih dalam loh, baik di Indonesia maupun di dunia. Seperti yang kita ketahui ada banyak sekali jenis cabang olahraga di dunia, mulai dari cabang olahraga aquatic - cabang olahraga rekreasi. Nah di Indonesia sendiri, mungkin sudah banyak juga yang mempertandingkan atau mendalami berbagai cabang olahraga di dunia ini. Namun tentunya ada juga beberapa yang kurang diminati di Indonesia. So, yuk kita mengenal sekaligus mengenang cabang olahraga di dunia apa aja sih yang kurang diminati masyarakat Indonesia, bahkan mungkin tidak pernah dipertandingkan. Hal ini bertujuan supaya kita semakin mengenal cabang olahraga tersebut dengan harapan akan banyak yang berminat terjun dalam cabang-cabang olahraga di dunia di bawah ini :

  • Olahraga Kriket

Cabang olahraga yang satu ini merupakan olahraga yang dipopulerkan masyarakat Inggris. Olahraga kriket ini bertujuan untuk mendapatkan angka yang terbanyak dari memukul bola. Alat pemukul bolanya biasa disebut dengan “bat” . Untuk permainannya sendiri berlangsung kurang lebih 5 hari dengan waktu 6 jam per harinya.

  • Olahraga Panahan

Perlu kamu ketahui bahwa panahan merupakan cabang olahraga yang dipertandingkan secara perorangan maupun beregu. Pertandingan panahan dilakukan dengan alat panah juga busur yang ditargetkan pada target yang berbeda beda jaraknya, bergantung pada nomor olahraga panahan itu sendiri. Pertandingan panahan ini merupakan pertandingan yang diadaptasi dari kebiasaan memburu manusia bahkan sejak 5000 tahun yang lalu.

  • Olahraga Anggar

Mungkin kamu kurang familiar dengan nama olahraga yang satu ini. Olahraga anggar merupakan salah satu jenis olahraga bela diri yang dilakukan dengan menggunakan senjata yaitu pedang. Ada beberapa teknik dalam pertandingan anggar sendiri seperti menusuk, menangkis, serta memotong serangan dari lawan. Dalam cabang olahraga anggar ini dibutuhkan kelincahan tangan dan kaki untuk menghentikan serangan lawan ketika pertandingan.

  • Olahraga Hoki

Jika mendengar cabang olahraga yang satu ini, mungkin kamu akan merasa bahwa ini merupakan olahraga yang dilakukan di es. Namun, ini berbeda. Olahraga hoki ini ternyata ada 2 macam, yang biasa juga yang es. Hoki ini merupakan olahraga yang dimainkan dengan alat penggiring juga ring hoki. Lapangan hoki dibuat berukuran kecil dan bertekstur licin bertujuan agar memudahkan ring bola hoki diperebutkan yang kemudian harus dimasukan ke ring lawan.

  • Olahraga Judo

Satu lagi cabang olahraga bela diri yang bisa dikatakan kurang diminati oleh masyarakat Indonesia. Cabang olahraga Judo ini dipopulerkan masyarakat Jepang. Sebenarnya olahraga judo ini memiliki jurus yang mirip-mirip juga dengan cabang olahraga bela diri lainnya. Yang suka bela diri, coba deh latihan olahraga ini, menarik juga kok!

  • Olahraga Bola Jaring

Bola jaring? Maksudnya bola basket gitu? Bukan ya Jaknoters! Mungkin kalau olahraga basket sendiri di Indonesia tentu sangat diminati oleh masyarakat. Tapi yang ini adalah olahraga bola jaring. Jika kamu menyaksikan pertandingannya sekilas, maka kamu akan menyangka olahraga ini adalah olahraga basket pada umumnya. Padahal beda loh!

Fyi, olahraga bola jaring ini sudah terpisah dari bola basket sejak tahun 1890-an. Pertandingan bola jaring ini kebanyakan dilakukan oleh wanita, karena memang dilatarbelakangi keterbatasannya melakukan olahraga tertentu.

  • Olahraga Lawn Balls

Dari namanya saja tentu kita tahu kalau jenis cabang olahraga ini adalah bola. Cabang olahraga di dunia satu ini yaitu lawn balls merupakan jenis olahraga yang bertujuan untuk menggulingkan bola ke jarak terdekat dari bola yang lebih kecil. Permainan ini biasanya dilakukan pada meja hijau bowling.Bola yang digunakan dalam olahraga ini memiliki nama yang unik yaitu “jack atau ”kitty”. Yang dinyatakan sebagai pemenang dalam cabang olahraga ini yaitu pemain dengan bola dengan jarak terdekat.

  • Olahraga Sepak Takraw

Kalau cabang olahraga di dunia yang satu ini mungkin sudah kamu kenal sejak di bangku sekolah ya Jaknoters. Bola yang digunakan adalah terbuat dari kayu rotan. Sepak takraw ini adalah olahraga yang teknik permainannya mirip sepak bola. Perbedaanya terletak pada penggunaan net serta lapangan permainan yang lebih kecil dibandingkan lapangan bola pada umumnya. Kalau kamu pernah mencoba olahraga sepak takraw ini, kamu tentu setuju dengan pernyataan bahwa sepak takraw ini tidak kalah seru dengan sepak bola, apalagi bila dipertandingkan.

  • Olahraga Squash

Olahraga squash ini merupakan permainan sejenis tennis. Namun, perlu kamu ketahui bila ternyata olahraga squash ini bermula dari kegiatan iseng-iseng para tahanan di Inggris untuk menghabiskan waktu di penjara loh! Dengan cara memantulkan bola ke tembok dengan sebuah raket, maka awalnya olahraga ini lebih dikenal dengan sebutan "Rackets".  Cabang olahraga di dunia yang ini biasanya dimainkan oleh 2 orang yang secara bergantian memukul bola ke dinding dengan menggunakan raket. Satu pemain memukul bola ke dinding, pemain yang lain harus melakukan hal yang sama. Pemain akan bertanding di ruangan tertutup dimana bola bisa dipantulkan ke 4 sisi dinding. Pemain yang dinyatakan menang yaitu yang berhasil mencetak 11 poin terlebih dahulu.

Berbagai cabang olahraga di dunia di atas mungkin terkenal di dunia internasional, namun apabila dibandingkan dengan tingkat popularitasnya di Indonesia masih sangat rendah. So, yuk kita coba kenali dan mainkan cabang olahraga di dunia di atas ini sambil menyambut hari olahraga nasional 2020 ini.

  • Rekreasi

Cabang olahraga bukan hanya pertandingan yang sering kamu saksikan di berbagai olimpiade olahraga saja loh Jaknoters! Kamu juga perlu tahu kalau ternyata cabang olahraga di dunia ada juga yang masuk ke dalam cabang olahraga rekreasi. Dan ternyata, cabang olahraga rekreasi itu biasanya kita jumpai pada saat acara lomba 17 Agustus di kampung atau di komunitas. Beberapa cabang olahraga rekreasi seperti tarik tambang dan balap karung misalnya, di Indonesia sendiri masyarakat lebih melihat kegiatan ini sebagai permainan.

Berbagai cabang olahraga di dunia di atas mungkin terkenal di dunia internasional, namun apabila dibandingkan dengan tingkat popularitasnya di Indonesia masih sangat rendah. So, yuk kita coba kenali dan mainkan cabang olahraga di dunia di atas ini sambil menyambut hari olahraga nasional 2020 ini.

Ilustrasi perlengkapan olahraga | Sumber : jakartanotebook.com

Temukan berbagai alat olahraga murah dan berkualitas yang kamu butuhkan di sini!