6 Inspirasi Olahan Buah Segar untuk Takjil

6 Inspirasi Olahan Buah Segar untuk Takjil

Halo Jaknoters! Gimana nih puasanya? Lancar-lancar aja kan!

Saat bulan Puasa tiba, biasanya yang juga kita tunggu-tunggu adalah berburu kuliner untuk berbuka puasa atau yang biasa kita kenal dengan sebutan berburu takjil. Takjil sendiri terdiri dari berbagai jenis makanan yang menggugah selera, seperti kue, gorengan, serta minuman-minuman manis dari berbagai olahan buah. Senang sekali rasanya jika waktu sudah dekat dengan waktu berbuka puasa. Namun karena pada puasa tahun 2020 ini kita masih harus menjalankan himbauan #DiRumahAja, sebaiknya takjil bisa dibuat sendiri untuk keluarga. Tidak perlu menu yang terlalu ribet, kamu bisa membuat beraneka minuman dari olahan buah yang pastinya menyegarkan loh!

Berikut 6 inspirasi olahan buah segar untuk takjil, yuk cobain yuk!

Es Buah

Inspirasi Olahan Buah Segar untuk Takjil | Sumber : 

Es buah adalah salah satu minuman dengan olahan buah segar yang banyak diminati untuk berbuka puasa. Minuman ini biasanya terdiri campuran buah-buahan segar yang ditambah dengan sirup atau susu, sesuaikan saja dengan selera kamu dan keluarga. Namun perlu diperhatikan yah apabila ada anggota keluarga yang menderita diabetes, sebaiknya bisa membuatnya tanpa sirup yang mengandung tingkat gula yang tinggi.

Setup Buah

Inspirasi Olahan Buah Segar untuk Takjil | Sumber : 

Mungkin kamu adalah satu diantara banyak orang yang masih sering bingung dengan perbedaan dari setup buah dengan es buah. Perbedaan diantara kedua minuman dengan olahan buah tersebut adalah rempah. Apabila dalam es buah kamu menemukan rasa manis dari sirup atau susu, pada minuman setup buah kamu bisa menemukan rasa rempah seperti kayu manis juga cengkeh. Oleh karena itu, setup buah cocok dinikmati dalam kondisi dingin maupun hangat.

Asinan Buah

Inspirasi Olahan Buah Segar untuk Takjil | Sumber : 

Jika kamu lebih suka makanan dari olahan buah dengan sensasi rasa yang lebih mantap, kamu bisa mencoba membuat asinan. Asinan berbahan dasar buah-buahan yang kamu dan keluarga sukai cocok juga loh untuk berbuka puasa. Apabila kamu dan keluarga ingin rasanya asam-asam pedas, tambahkan saja beberapa buah cabe ke dalam asinan buahnya. Namun, jangan lupa untuk minum air putih terlebih dahulu ya, dan bila kamu menderita asam lambung sebaiknya hindari untuk mengonsumsi ini dalam keadaan perut kosong.

Rujak Buah

Inspirasi Olahan Buah Segar untuk Takjil | Sumber : 

Rujak buah merupakan salah satu makanan dengan olahan buah yang patut untuk coba kamu buat loh! Padukan beragam buah-buahan pilihan kamu dengan saus kacang yang pastinya bikin rasanya bergoyang di dalam mulut. Rujak buah ini bisa jadi hidangan pendamping berbuka puasa kamu bersama keluarga.

Jus Buah

Inspirasi Olahan Buah Segar untuk Takjil | Sumber : 

Sedang menjalani diet saat puasa berlangsung? Jangan bingung ya untuk berbuka puasa dengan apa. Minuman olahan buah berikut ini pastinya pas banget deh untuk kamu buat! Selain menyehatkan dan nyegerin, dengan minum jus buah kamu tidak akan merasa "berdosa" karena sedang diet. Usahakan untuk membuat jus buah murni tanpa tambahan gula ya Jaknoters! Pilih saja buah mana yang kamu suka dan kaya akan manfaat jika kamu konsumsi ketika diet.

Yuk bikin jus buah praktis dengan blender jus portable ini!

Kolak

Inspirasi Olahan Buah Segar untuk Takjil | Sumber : 

Menu buka puasa yang satu ini juga tak kalah banyak peminat dengan es buah saat bulan Ramadan. Biasanya kolak sendiri berbahan dasar olahan buah pisang atau ubi. Tak jarang juga dikombinasikan dengan kolang-kaling yang dimasak dengan campuran kuah santan dan gula merah sehingga makanan dengan olahan buah yang satu ini menghasilkan rasa gurih dan manis. Oh ya, untuk kolak ini bisa kamu sajikan dalam keadaan hangat maupun dingin loh! Sesuaikan saja dengan selera ya Jaknoters!

Menu olahan buah yang mana nih yang jadi favorit dan pengen banget kamu buat untuk keluarga tercinta #DiRumahAja?