Kenali Penipuan Lowongan Kerja Mengatasnamakan JakartaNotebook

Penipuan lowongan kerja semakin marak mengatasnamakan perusahaan seperti JakartaNotebook. Kenali modus yang digunakan dan cara menghindarinya.

Kenali Penipuan Lowongan Kerja Mengatasnamakan JakartaNotebook

Halo Jaknoters!

Penipuan lowongan kerja semakin marak terjadi, terutama setelah munculnya banyak portal online untuk mendaftarkan pekerjaan. Modus penipuan ini banyak dilakukan oknum tidak bertanggung jawab dengan mengatasnamakan perusahaan ternama salah satunya JakartaNotebook.

Perlu diperhatikan bahwa lowongan pekerjaan yang ditawarkan tidak benar dan oknum menggunakan berbagai cara untuk mendapatkan keuntungan dari para korban.

Modus Penipuan Lowongan Kerja yang Mengatasnamakan JakartaNotebook

Adapun modus penipuan lowongan kerja yang digunakan oleh para oknum adalah sebagai berikut:

1. Menawarkan pekerjaan dengan membalas status di media sosial dan mengarahkan korban ke WhatsApp

2. Menjelaskan gaji dan fasilitas fiktif serta menawarkan jasa untuk mempermudah proses rekrutmen

3. Meminta copy berkas pribadi dan membayar biaya pendaftaran

4. Memberikan informasi palsu tentang perusahaan untuk meyakinkan korban mendaftar lowongan kerja

Cara Menghindari Penipuan Lowongan Kerja

Semakin banyaknya pihak yang mengatasnamakan JakartaNotebook untuk melakukan penipuan, berikut beberapa cara yang bisa Jaknoters lakukan agar tidak terjebak dalam modus penipuan ini.

1. Pastikan Posisi yang Dilamar

Pastikan posisi yang dilamar terbuka dan ada di akun resmi JakartaNotebook. Hindari melamar lewat perseorangan atau oknum yang mengatasnamakan JakartaNotebook karena tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Selain itu hindari pula memberikan informasi atau berkas pribadi dengan mudah pada oknum mencurigakan yang mengatasnamakan perusahaan atau lembaga tertentu.

2. Mendaftar pada Akun Resmi JakartaNotebook

Hindari mendaftar pada link atau nomor asing yang tidak tercantum pada halaman Contact JakartaNotebook. JakartaNotebook hanya membuka lowongan pekerjaan lewat akun resmi yang bisa diakses pada media sosial dan WhatsApp.

Saat menerima pesan dari perekrut, pastikan akun dan nomor yang digunakan sama dengan yang tercantum pada unggahan dari akun resmi JakartaNotebook.

3.Curigai Jika Ada Pungutan Biaya

JakartaNotebook tidak pernah memungut biaya apapun selama proses rekrutmen berlangsung. Maka Jaknoters wajib curiga jika ada oknum yang memungut biaya untuk pendaftaran atau pembuatan data selama proses rekrutmen.

Semoga artikel ini bisa membantu kamu mengetahui modus penipuan lowongan kerja yang mengatasnamakan JakartaNotebook dan tidak menjadi salah satu korbannya.

Selalu ingat untuk tidak mudah percaya dengan lowongan kerja yang mencurigakan serta jangan memberikan informasi pribadi pada orang asing, ya!