4 Posisi Pemain Sepak Bola dan Tugasnya, Wajib Tahu!

Termasuk dalam olahraga yang membutuhkan kerja sama tim, berikut beberapa posisi pemain sepak bola beserta tugasnya yang football lovers wajib tahu!

4 Posisi Pemain Sepak Bola dan Tugasnya, Wajib Tahu!
Image Source: Pexels

Siapa yang tidak tahu dengan sepak bola? Olahraga ini tidak hanya membutuhkan keahlian individu para pemain, tapi juga kerjasama tim untuk menembus pertahanan lawan dan mencetak gol.

Banyaknya tugas yang harus dilakukan membuat setiap orang punya posisi dan tugas yang tak bisa digantikan. Nah, jika kamu baru tertarik dengan olahraga ini, berikut beberapa posisi pemain sepak bola dan tugasnya yang wajib kamu ketahui.

Posisi Pemain Sepak Bola dan Tugasnya

Secara sederhana posisi pemain sepak bola dan tugasnya terbagi menjadi penyerang, gelandang, bek, dan kiper atau penjaga gawang. Simak deskripsi lengkapnya di bawah ini.

1. Penyerang

Penyerang
Image Source: Bleacher Report

Posisi pemain sepak bola dan tugasnya pertama adalah penyerang. Di lapangan penyerang terletak pada lapisan terdepan yang bertugas untuk melakukan serangan, menembus area pertahanan lawan, dan mencetak gol.

Meski terlihat mematikan, setiap tim sepak bola tak bisa hanya memilih satu penyerang. Setidaknya terdapat tiga orang penyerang yang bermain lapangan, di antaranya:

  • Penyerang Tengah. Bertugas untuk mencetak gol, pemain ini akan menerima umpan dari posisi lain seperti bek, gelandang, dan penyerang bayangan untuk ditembakkan ke arah gawang lawan.
  • Penyerang Bayangan. Posisi pemain sepak bola ini berada tepat di belakang penyerang tengah yang bertugas untuk mengecoh permainan lawan. Selain itu, mereka juga harus bisa menghasilkan gol.
  • Penyerang Sayap. Sama seperti penyerang lainnya, penyerang sayap wajib bisa mencetak gol di gawang lawan. Selain itu, pemain juga bertugas untuk membantu serangan dari area sayap serta memberi ruang dna memberikan umpan pada penyerang tengah.

2. Gelandang

Gelandang
Image Source: Premier Skill English

Terletak pada bagian tengah, posisi pemain sepak bola dan tugasnya kedua adalah gelandang. Posisi ini bertugas untuk menghubungkan bagian depan dan belakang lapangan agar bola dapat dikuasai dengan baik.

Tak hanya itu, para gelandang juga berperang sebagai penyerang dan lini pertahanan kedua untuk mencegah pemain lawan mendekati gawang. Beberapa jenis gelandang yang digunakan adalah:

  • Gelandang Bertahan. Berada tepat di depan garis pertahanan posisi ini bertugas untuk menghalau serangan lawan. Posisinya yang kritis membuat gelandang bertahan disebut sebagai inisiator serangan.
  • Gelandang Tengah. Tugas gelandang tengah adalah meneruskan tendangan dari bek pada striker untuk mencetak gol. Tak hanya itu, posisi ini juga harus menentukan ritme pertandingan dengan menentukan kapan tim dapat bertahan dan menyerang.
  • Gelandang Serang. Sama seperti namanya, gelandang serang ditugaskan untuk menciptakan pola dan peluang agar striker dapat menembakkan bola ke gawang lawan. Tak heran jika posisi ini dijuluki sebagai otak permainan.
XIUWEI Kaos Kaki Olahraga Socks Towel Sweat Absorbing Size 39-42 - T7302 - Black - JakartaNotebook.com
XIUWEI Kaos Kaki Olahraga Socks Towel Sweat Absorbing Size 39-42 - T7302 termurah. Dapatkan dengan mudah XIUWEI Kaos Kaki Olahraga Socks Towel Sweat Absorbing Size 39-42 - T7302 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

3. Bek

Bek
Image Source: Ronaldo

Tak kalah penting dari dua posisi sebelumnya, bek merupakan posisi pemain sepak bola yang bertugas sebagai lini pertahanan akhir untuk mencegah lawan mencetak gol. Hal ini dilakukan dengan mematahkan serangan, merebut bola dari pemain lawan, dan banyak lainnya.

Tiga jenis bek yang biasa digunakan dalam permainan, yakni:

  • Bek Penyapu. Posisi ini berfungsi untuk mendeteksi bahaya dari serangan lawan dan merebut bola yang digiring lawan menuju ke arahnya. Selain itu bek panyapu juga harus menendang bola sejauh mungkin agar dapat digunakan sebagai umpan oleh penyerang..
  • Bek Tengah. Terletak tepat di depan kiper, bek tengah memiliki fungsi yang hampir sama dengan kiper yaitu mencegah bola masuk ke gawang. Jadi lapisan pertahanan terakhir, pemain harus fokus dan teliti menahan serangan dari berbagai arah.
  • Bek Sayap. Bek Sayap berada pada bagian samping kiri dan kanan lapangan serta bertugas untuk menjaga area ini dari serangan serta melakukan perlawanan pada tim lawan.

4. Penjaga Gawang

Penjaga Gawang
Image Source: ESPN

Posisi pemain sepak bola terakhir yang juga jadi kunci berjalannya permainan adalah penjaga gawang atau kiper. Meski punya area yang sempit, posisi ini justru punya fungsi terpenting untuk menghalangi bola dari tim lawang masuk ke gawang dan mengkoordinasi pertahanan tim.

Berbeda dari posisi lain yang hanya bermain menggunakan kaki, pundak, dan kepala, kiper diperbolehkan menggunakan tangan untuk menangkap bola. Tak hanya itu, pada kondisi tertentu posisi ini juga dapat ikut menyerang.

Agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Penjaga gawang bermain menggunakan baju dengan warna yang berbeda serta dibekali sarung tangan khusus.

Zingso Kaos Kaki Olahraga Sport Compression Socks L-XL - T73002 - Black - JakartaNotebook.com
Zingso Kaos Kaki Olahraga Sport Compression Socks L-XL - T73002 termurah. Dapatkan dengan mudah Zingso Kaos Kaki Olahraga Sport Compression Socks L-XL - T73002 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Itu dia nama-nama posisi pemain sepak bola yang biasanya digunakan saat bertanding di lapangan. Mengetahui nama dan tugas yang dijalankan para pemain tentu membuat pengalaman menonton pertandingan bola semakin seru, bukan?

Selamat menonton Jaknoters!