Rayakan Hari Kartini 2020 #DiRumahAja dengan Hal Seru ini!

Rayakan Hari Kartini 2020 #DiRumahAja dengan Hal Seru ini!

Hari Kartini merupakan salah satu hari pahlawan yang sering diperingati di Indonesia. Pada tanggal 21 April setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Kartini. Perjuangan R.A Kartini untuk kaum perempuan Indonesia sendiri mulai pada tahun 1912, yakni dengan mendirikan sekolah wanita pertama di Indonesia. Segala perjuangan dan pengorbanan R.A Kartini dalam membela hak wanita Indonesia guna mendapatkan pendidikan yang layak dan perlakuan adil di mata masyarakat. Maka dari itu biasanya menjelang tanggal 21 April banyak kegiatan atau acara yang dilakukan baik di sekolah, tempat kerja maupun pemerintahan untuk menyambut hari Kartini ini. Namun sayangnya, pada hari Kartini tahun 2020 ini kita masih diharuskan untuk di rumah aja dan tidak mengikuti acara-acara dengan banyak orang.

Tapi jangan sedih dulu dong Jaknoters! Meskipun tahun ini kita tidak dapat merayakan hari Kartini secara formal dengan berbagai acara, namun kamu tetap bisa merayakannya di rumah aja kok dengan kegiatan seru berikut ini!

Make Up Hari Kartini

Contoh Makeup ala Ibu Kartini | Sumber : Instagram Sarwendah

Untuk merayakan Hari Kartini 2020 ini, kamu bisa mencoba inspirasi makeup sederhana seperti Pahlawan RA. Kartini. Berikut tips step by step makeup hari kartini simple :

  1. Primer : Pemakaian primer berfungsi untuk membuat efek blur pada pori-pori sehingga wajah terlihat lebih flawless. Primer juga membuat makeup lebih tahan lama.
  2. Foundation : Setelah menggunakan primer, selanjutnya adalah foundation. Foundation ini bisa dikatakan "fondasi" dari sebuah riasan. Dengan menggunakan foundation, riasan hari kartini kamu akan bertahan lama hingga 6 jam. Apabila sedang ada jerawat membandel, kamu juga bisa mengandalkan foundation untuk menutupi noda bekas jerawatnya dengan baik.
  3. Bedak : Selanjutnya adalah menggunakan loose powder. Gunanya adalah untuk membuat primer dan foundation set atau menyatu.
  4. Alis : Apabila kamu ingin mempertegas bagian alis, aplikasikan dengan baik sehingga terlihat masih natural dan sesuai kan juga warnanya dengan riasan hari kartini yang digunakan.
  5. Eyeshadow : Penggunaan eyeshadow bisa memilih warna-warna yang tidak terlalu gelap, sehingga tidak meninggalkan kesan heboh atau smokey.
  6. Eyeliner + Maskara : Pada step ini kamu bisa memilih sesuai keinginan hasil riasan. Jika memang dirasa tidak memerlukannya maka bisa tidak dilakukan.
  7. Blush on : Ketika hampir selesai, lakukan usapan merata pada kedua pipi dengan pilihan warna pink/peach yang masih natural.
  8. Lipstick : Warna lipstick bisa disesuaikan dengan baju yang kamu kenakan.

Setelah selesai makeup, buat tatanan rambut cepol ala Ibu Kartini. Selipkan dengan jepitan atau hairpiece yang cocok.

Memasak Menu Hari Kartini

  • Nasi Liwet Ayam Kesukaan R.A Kartini
Sumber : pegipegi.com

Ternyata Ibu R.a Kartini beserta keluarga besarnya suka sekali mengolah nasi menjadi hidangan yang menggiurkan. Salah satunya adalah Nasi Liwet, Ibu Kartini dan adik-adiknya juga gemar memasaknya bagi keluarga. Kamu tertarik mencoba membuat nasi liwet juga? Berikut resepnya!

Bahan : (resep ini untuk 4 porsi)

-Beras 250 gram, cuci bersih
-Daging ayam 250 gram, potong dadu kecil
-Air ± 300 ml
-Bawang perai 1 batang, iris tipis
-Bawang putih 2 siung, iris tipis, goreng

Bumbu halus :

-Bawang putih 3 siung
-Bawang merah 5 butir
-Kemiri 3 butir
-Jahe 1 cm, memarkan
-Garam secukupnya
-Merica bubuk 1/2 sendok teh
-Pala bubuk 1/4 sendok teh
-Cara membuat Nasi Liwet Ayam

Campur semua bahan serta bumbu halus bersama beras yang sudah dicuci bersih ke dalam panci untuk memasak nasi atau bisa juga gunakan rice cooker. Kemudian tambahkan air sesuai takaran beras. Masak hingga mendidih dan air menyusut. Teruskan memasak hingga nasi matang. Angkat dan sajikan nasi beserta irisan bawang goreng. Tambahkan lauk pendukung lain sesuai selera keluarga.

  • Nasi Bogana Khas Jepara
Sumber : food.detik

Selain nasi liwet ayam, ada satu lagi hidangan nasi yang menjadi favorit Ibu Kartini sekeluarga. Bahkan rupanya hidangan ini disebut-sebut sebagai comfort food-nya masyarakat Jepara loh! Nasi Bogana sendiri biasa dimakan sehari-hari bersama keluarga, begitu pun untuk keluarga Ibu Kartini. Nasi Bogana ini memiliki rasa yang khas perpaduan dari kelapa dengan daging, sehingga menyerupai abon. Biasanya nasi bogana ini juga disantap bersama lauk tambahan seperti telur dan sambal sesuai selera. yuk coba masak nasi bogana di rumah! Simak resepnya :

Bahan : (resep ini untuk 6 porsi)
-450 gram beras
-800 ml santan dari 1 butir kelapa
-2 sendok teh garam
-2 lembar daun pandan
-300 gram tempe, potong kotak 1x1 cm
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
3/4 sendok teh garam
1 sendok makan kecap manis
1 sendok teh gula merah sisir
300 ml air
1 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
-3 buah cabai merah besar
-6 butir bawang merah
-3 siung bawang putih
-Bahan Pelengkap:
-3 sendok makan sambal terasi
-6 butir telur rebus

Cara Membuat :
Rebus santan, garam, dan daun pandan bersama beras yang sudah dicuci bersih. Masak sampai air meresap kemudian angkat.
Kukus di dalam kukusan yang sudah dipanaskan, setelah 45 menit, matang angkat.

Panaskan wajan dengan minyak. Tumis bumbu halus, daun salam, dan lengkuas sampai harum. Masukkan tempe, garam, kecap manis, dan gula merah. Aduk rata. Tuang air. Masak sampai matang dan meresap.
Sajikan nasi bersama oseng tempe dan pelengkapnya.

Gimana Jaknoters? Bakalan tetep seru kan hari Kartini kamu walaupun #DiRumahAja?!

www.jakartanotebook.com

Nantikan dan jangan sampai lupa ikutan promo yang satu ini yah Kartini masa kini!