Selain Dalgona Coffee, Ini loh 8 Sajian Kopi Unik Lain yang Bisa Kamu Coba Buat!

Dalgona coffee adalah minuman kopi yang dibuat dengan cara mengaduk atau mengocok kopi dengan alat mixer kopi sampai menjadi krim dan kemudian menambahkannya ke susu dingin. Simak selengkapnya!

Selain Dalgona Coffee, Ini loh 8 Sajian Kopi Unik Lain yang Bisa Kamu Coba Buat!

Hai Jaknoters... happy Friday!

Siapa sih di antara kamu yang masih bertanya-tanya karena bingung sama judul artikel ini? Mungkin sebagian besar pasti sudah tahu tentang Dalgona Coffee. Ya! Kopi yang viral akhir-akhir ini mulai dari sosial media seperti Youtube juga TikTok.

Selain Dalgona Coffee, Ini loh 8 Sajian Kopi Unik Lain yang Bisa Kamu Coba Buat! | Sumber : Shutterstock

Lalu apa sih dalgona coffee itu?

Dalgona coffee adalah minuman kopi yang dibuat dengan cara mengaduk atau mengocok kopi dengan alat mixer kopi sampai menjadi krim dan kemudian menambahkannya ke susu dingin. Dalgona coffee ini pertama kali diperkenalkan oleh seorang aktor Korea Selatan yaitu Jung Il-woo yang pergi ke saat itu mengunjungi Macau kemudian disajikan minuman ini. Kopi unik ini dikenal dengan nama Dalgona Coffee karena di Korea Selatan sendiri Dalgona itu adalah nama permen toffee honeycomb. Kopi Dalgona ini mengalami popularitas tinggi selama masa pandemi virus Corona, bukan hanya di negara lain namun juga Indonesia. Maka, bisa dikatakan bahwa Dalgona Coffee adalah salah satu minuman yang viral ketika masa "social distancing" atau #DiRumahAja.

Mungkin sajian dalgona coffee ini berbahan dasar sederhana dan masih bisa ditemukan dengan mudah. Namun yang membuat sajian kopi unik ini viral yaitu cara pembuatan serta penyajiannya. Ketika membuka berbagai channel sosial media beberapa hari terakhir, kamu bisa menemukan sangat banyak resep kopi dalgona ini. Mulai dari resep kopi dalgona menggunakan mixer hingga resep kopi dalgona tanpa mixer. Cara membuat dalgona coffee tanpa mixer ini sendiri juga cukup banyak diminati oleh karena banyak orang yang tidak mau ribet mengeluarkan mixer atau memang belum memiliki mixer sehingga resep kopi dalgona tanpa mixer ini banyak dibagikan.

Yang belum sempat cobain bisa banget nih memanfaatkan waktu weekend besok yang #DiRumahAja untuk buat dalgona coffee ini. Gak perlu khawatir karena resep kopi dalgona ini sudah banyak bertebaran di internet. Nah, buat kamu yang tertarik untuk coba membuat dalgona coffee dengan mixer tapi anti ribet bisa langsung pesan alat mixer kopi praktis di JakartaNotebook.

Bicara tentang sajian kopi unik, selain dalgona coffee ternyata masih banyak loh kopi unik dari berbagai belahan negara di dunia yang juga nggak kalah enak. Mungkin bisa juga kamu praktekan di rumah. Apa saja diantaranya? Check it out!

  • Kopi unik dengan kuning telur
Kopi Cà Phê Trứng | Sumber : Vietnamenu

Kopi unik pertama yang wajib dicoba adalah kopi Ca Phe Trung. Sajian kopi ini berasal dari Vietnam dan Filipina, sangat unik karena menjadikan telur sebagai bahan utama dalam secangkir kopi. Kuning telur dicampur dengan kopi bubuk robusta, sedikit air panas juga susu kental manis. Paduan bahan-bahan ini menghasilkan rasa yang manis tanpa menghilangkan rasa asli kopi robusta yang kuat. Coba yuk guys!

  • Kopi unik dengan potongan keju
Kaffeost | Sumber : Picuki.com

Dari Vietnam sekarang kita beralih ke Finlandia. Di Finlandia ternyata juga ada loh sajian kopi unik yang gak kalah dari Dalgona Coffee. Kopi dengan potongan keju ini dikenal dengan sebutan Kaffeost. Keju yang digunakan juga bukan keju biasa yah guys tapi keju khas dari Finlandia. Masyarakat di sana menikmatinya dengan cara menuangkan kopi panas pada potongan juustoleipa yakni sebutan keju tradisional di Finlandia. Mungkin hal ini memang terdengar sedikit aneh namun bagi orang di sana kopi unik ini punya rasa yang enak loh. Mungkin kamu bisa mencoba membuat Kaffeost ala ala dengan keju biasa atau cream cheese.

  • Kopi unik yang dicampur dengan teh
Kopi Yuanyang | Sumber : thechinesequest.com

Biasanya saat diminta memilih minuman berkafein, ada 2 jenis minuman yang ditawarkan yaitu kopi atau teh. Namun berbeda dengan sajian kopi unik dari HongKong ini. Dalam penyajiannya, kopi hitam pekat dicampur dengan dengan teh hitam serta susu kental manis ini menimbulkan rasa yang kuat dan juga nikmat dalam tegukan pertama. Jika kamu ingin rasa kopinya lebih dominan tambahkan saja takaran kopi hitam lebih banyak dibanding teh dan susunya. Yuk cobain bikin!

  • Kopi unik dengan campuran alkohol
Caife Gaelach | Sumber : untappd.com

Nah untuk sajian kopi yang satu ini mungkin lebih baik dikonsumsi orang dewasa ya. Sajian kopi unik lainnya berasal dari Irlandia, kopi ini lebih dikenal dengan nama Irish Coffee dengan cara penyajiannya yang menarik tentunya bagi penyuka minuman beralkohol. Kenapa? Karena kopi unik ini disajikan dengan menambahkan whiskey ke dalam segelas kopi. Kebayang banget kan betapa strong nya kopi unik yang satu ini!

  • Kopi unik dengan irisan buah
Kopi lemon | Sumber : republika.co.id

Bagi kamu pecinta sensasi segar dan nikmat wajib cobain kopi unik satu ini! Seperti yang sudah kamu ketahui bahwa Italia memiliki sajian kopi yang sudah sangat umum yaitu Espresso. Bedanya kopi espresso yang ini disajikan dengan menambahkan irisan buah lemon loh! Kopi lemon ini bakalan seger banget kalau dinikmati selagi dingin. Perlu kamu tahu kalau ternyata kebiasaan minum kopi dengan lemon ini punya manfaat yang berguna loh untuk membantu program diet. Ramuan ini akan efektif menurunkan berat badan. Buruan cobain deh buat yang mau punya badan ideal!

  • Kopi unik dengan rasa gurih dan pedas
Spiced Coffee | Sumber : kopikeliling.com

Minum kopi tapi rasanya gurih dan pedas?

Ya! Maroko merupakan salah satu tempat yang punya sajian kopi unik loh! Gilingan kopi diseduh dengan berbagai rempah seperti biji wijen, lada hitam, dan pala. Kebayang dong sajian kopi unik satu ini punya wangi yang sangat tajam dan rasa yang kuat. Bagi kamu yang ingin mencobanya, setelah mengkonsumsi kopi ini tentu tenggorokan kamu akan terasa hangat.

  • Kopi unik dengan es krim
Frappe | Sumber : twitter

Kalau kopi unik satu ini tentu sudah banyak peminatnya bukan? Frappe adalah sajian kopi unik khas Yunani yang bersalut buih, terbuat dari campuran kopi, es krim, susu kental. serta air es. Saat ini Frappe sendiri sudah semakin beragam variannya bukan hanya kopi namun juga bahan minuman lainnya. Yang suka banget es kopi wajib nih cobain bikin Frappe sendiri di rumah.

FYI, Frappe pertama kali diciptakan pada September 1957.
  • Kopi dengan campuran bawang putih
Kopi Turkish | Sumber : inspirasipagi.id

Ketika kamu mendengar atau membaca tentang bawang putih tentu yang terbayang adalah aroma bawang yang kuat bukan? Namun, tahukah kamu salah satu bahan bumbu masak ini ternyata disajikan bersama dengan kopi loh di Turki. Sajian kopi unik ini dibuat dengan cara mencampur bawang putih dan madu ke dalam secangkir kopi. Hmm..aromanya pasti sangat unik. Oh ya, ketika kamu pergi ke Turki, kamu juga bisa menemukan cara sajian kopi unik dengan pasir panas. Campuran bubuk kopi dimasukan ke dalam alat cangkir yang dikenal dengan sebutan cevze.

Gimana? Dari ke 8 kopi unik di atas, kamu paling tertarik untuk coba membuat yang mana? Bila kamu tertarik untuk coba buat salah satu sajian kopi unik di atas namun bingung cari perlengkapan untuk membuat kopi sendiri, langsung klik di bawah ini yah!

Buruan cek ketersediaan peralatan pembuat kopi terbaik dan termurah dari JakartaNotebook mumpung lagi diskon!

Belanja di JakartaNotebook #DariRumahAja yah!