7 Set Pisau Dapur Terbaik, Dijamin Tajam dan Anti Karat!

Rekomendasi set pisau dapur terbaik ini tidak hanya tajam, tapi juga bisa menentukan kualitas hidangan. Simak rekomendasi lengkapnya di sini!

7 Set Pisau Dapur Terbaik, Dijamin Tajam dan Anti Karat!
Image Source: New York Times/Marki Williams

Entah kamu seorang culinary expert atau hanya seorang yang baru ingin belajar memasak, memiliki pisau yang tajam dan berkualitas dapat menjadi sebuah game changer saat memasak.

Pasalnya, pisau yang tajam akan memudahkan kamu dalam memotong bahan makanan secara lebih presisi. Selain itu, pemotongan dengan pisau yang tajam mampu mempercepat persiapan masakan serta mengurangi risiko cedera saat memasak.

Nah, walaupun terlihat sama, ternyata pisau memiliki jenis dan fungsi yang beragam. Apa saja itu? Yuk, simak uraian jenis-jenis pisau dapur berikut beserta deretan rekomendasi set pisau dapur terbaik yang wajib kamu check out!

Jenis-Jenis Pisau Dapur

Jenis-Jenis Pisau Dapur
Image Source: Pro Cook

Umumnya pisau dapur terbagi menjadi beberapa jenis yang masing-masingnya memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda-beda, yaitu antara lain:

  1. Pisau chef (Chef's knife). Pisau ini memiliki bilah yang panjang dan lancip serta memiliki ukuran yang bervariasi, biasanya sekitar 8 hingga 12 inci. Chef's knife termasuk pisau serbaguna yang dapat digunakan untuk berbagai hal seperti memotong daging hingga mengiris sayuran dan buah.
  2. Pisau santoku. Pisau santoku memiliki ujung yang lebar dan melengkung, cocok untuk memotong, mengiris, dan mencincang dengan presisi, terutama pada daging, ikan, dan sayuran.
  3. Pisau pembelah (Cleaver knife). Pisau pembelah dibentuk dengan bilah tebal dan berat, digunakan untuk membelah daging atau tulang dengan mudah.
  4. Pisau daging (Boning knife). Pisau dengan bilah lentur yang ideal untuk memisahkan daging dari tulang.
  5. Pisau parut (Paring knife): Pisau parut memiliki ukuran kecil dengan bilah pendek yang cocok untuk mengupas, memotong, dan membersihkan buah atau sayuran.
  6. Pisau roti (Bread knife). Pisau ini memiliki bilah bergelombang yang dirancang khusus untuk memotong roti tanpa merusak tekstur bagian dalamnya.
  7. Pisau filet (Filleting knife). Pisau filet bersifat fleksibel dengan ujung yang runcing, ideal untuk membersihkan ikan dengan presisi dan memisahkan daging ikan dari tulang.
  8. Pisau serrated utility (Serrated utility knife). Memiliki gigi-gigi kecil pada bagian tepi bilahnya, cocok untuk memotong makanan yang memiliki kulit keras atau bagian luar yang keras, seperti tomat atau sosis.
  9. Pisau tomat (Tomato knife). Pisau tomat memiliki bentuk yang lancip dan terbelah dua di bagian ujungnya serta bergerigi di tepi bilah. Pisau ini dirancang khusus untuk memotong tomat dengan mudah tanpa merusak tekstur dagingnya.
  10. Pisau pengupas (Peeling knife). Pisau kecil dengan bilah pendek dan runcing, ideal untuk mengupas kulit tipis pada buah atau sayuran.
🔪

Rekomendasi Set Pisau Dapur

Mencari set pisau dapur yang tajam dan anti karat? Yuk, intip beberapa rekomendasi set pisau dapur terbaik berikut ini.

1. Huohou Set Pisau Dapur & Holder - HU0076

Huohou Set Pisau Dapur & Holder - HU0076
Image Source: JakartaNotebook

Apakah dapur dan kitchen set kamu bernuansa monokrom? Maka set pisau dari Huohou ini wajib kamu check out! Sentuhan warna hitamnya akan membuat ruang memasakmu menjadi lebih elegan dan mewah.

Kamu akan mendapatkan 4 jenis pisau yang berbeda dengan mata pisaunya yang tajam. Holder kayu bawaannya akan menjaga pisau dari benturan dan goresan saat pisau sedang tidak digunakan.

2. EREASTHQS Set Pisau Dapur 6 in 1- ER-0278

EREASTHQS Set Pisau Dapur 6 in 1- ER-0278
Image Source: Jakartanotebook

Apakah kamu mencari pisau dan gunting dapur yang tajam dan anti karat? Set pisau dari EREASTHQS ini adalah jawaban yang tepat! Tidak hanya itu, kamu juga bahkan mendapatkan sebuah peeler dalam pembelian.

Tidak perlu khawatir lagi akan warna pisau yang monoton sebab set pisau ini hadir dengan warna pastel, cocok untuk kamu kaum hawa yang senang berkecimpung di dapur. Kegiatan memasak pun juga tidak akan membosankan lagi.

3. GM Bear Pisau Dapur Set Isi 6 pcs - 1110

GM Bear Pisau Dapur Set Isi 6 pcs - 1110
Image Source: GM Bear

Sudah waktunya untuk ucapkan selamat tinggal pada pisau lama yang lengket dan beralih dengan pisau dari GM Bear sebab pisau ini telah dilengkapi dengan lapisan anti lengket yang membuat proses memasak menjadi lebih efisien.

Set pisau ini terdiri dari 3 jenis pisau, 1 gunting, dan 1 peeler. Gagangnya yang anti slip memungkinkan pisau untuk stay di genggaman sehingga tidak akan mengganggu kegiatan memasak.

4. XITUO Set Pisau Dapur Knife Damascus Pattern - DL5

XITUO Set Pisau Dapur Knife Damascus Pattern - DL5
Image Source: Jakartanotebook

Dengan set pisau dapur dari XITUO ini, kegiatan memasak dijamin akan semakin menyenangkan berkat desainnya yang mengusung pola damaskus. Desain pisau ini juga membuat dapur terlihat lebih estetik.

Materialnya yang terbuat stainless steel tipe 4CR13 membuat mata pisau ini tidak mudah tumpul. Kamu juga tidak perlu membeli pisau dalam beberapa tahun ke depan sebab XITUO menghadirkan set pisau yang tidak mudah berkarat.

5. STEIN Diamond Knives Set - 6 in 1

STEIN Diamond Knives Set - 6 in 1
Image Source: STEIN

Jangan mengaku pink lover jika kamu belum memiliki set pisau dapur satu ini! Selain hadir dengan 4 jenis yang berbeda, set pisau ini juga dilengkapi dengan 1 gunting dan 1 pengasah pisau dengan warna pink juga. Menarik sekali bukan?

Lapisan anti lengketnya memungkinkan kamu untuk memasak dengan lebih cepat sebab bahan makanan tidak akan menempel pada pisau. Desain polanya yang unik membuatnya sangat cocok untuk kamu yang senang mengoleksi barang estetik.

6. Huohou Set Pisau Daging - HU0095

Huohou Set Pisau Daging - HU0095
Image Source: Jakartanotebook

Kini kamu tidak perlu khawatir lagi akan pisau yang mudah berkarat sebab set pisau daging ini dilengkapi dengan material stainless steel anti karat dengan kualitas tinggi sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Set pisau khusus untuk menangani daging ini dilengkapi dengan 3 jenis pisau dan 1 gunting dapur. Tidak hanya itu, kamu juga akan mendapatkan holder pisau dalam pembelian yang berfungsi untuk melindungi pisau agar tetap aman dari goresan.

7. Huohou Set Pisau Daging Germain Stainless Steel - HU0014

Huohou Set Pisau Daging Germain Stainless Steel - HU0014
Image Source: Jakartanotebook

Kekuatan pisau ini lebih tajam dari pisau daging biasa berkat material pisau German stainless steel yang digunakannya, yang sudah teruji kualitas dan tingkat ketajamannya.

Set pisau ini hadir dengan 4 jenis pisau serta 1 gunting khusus tulang atau daging, memotong daging pun menjadi lebih mudah dan cepat. Tidak ketinggalan pula holder yang kokoh guna menyimpan pisau agar tetap terlindungi dari goresan.

Pilihlah pisau yang tajam dan berkualitas baik sesuai kebutuhan. Pastikan untuk memilih pisau yang memiliki material anti karat, nyaman digunakan, dan sesuai dengan gaya memasak kamu, ya! Happy cooking!

Untuk memudahkan agar pisau tetap terawat dengan baik, kamu dapat menambahkan peralatan pendukung lainnya seperti rak pisau, tempat pisau, dan pengasah pisau.