Sudah siap Mudik Lebaran? Jangan Lupakan Ritual Berikut

Mudik ke kampung halaman merupakan hal yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Buat kamu yang ingin mudik kampung , kamu wajib mempersiapkan diri serta melakukan pengecekkan pada kendaraanmu. Untuk itu Jaknot memberikan tips mudik aman sehingga perjalananmu menjadi menyenangkan

Sudah siap Mudik Lebaran? Jangan Lupakan Ritual Berikut

Hari Raya sudah di depan mata nih, tentunya kalian sudah menantikan momen mudik ‘bukan? Bagi kalian yang hendak melakukan mudik dengan kendaraan pribadi sebaiknya melakukan beberapa persiapan penting. Nah, agar mudikmu berjalan menyenangkan dan aman terkendali, lakukan beberapa pengecekan terhadap kendaraan yang akan kamu dan keluarga gunakan untuk mudik nanti. Simak yuuk!

1.      Surat Kelengkapan Berkendara

Perhatikan kelengkapan surat berkendara seperti SIM, STNK, apabila harus diperpanjang segera lakukan sebelum mengadakan perjalanan yang jauh demi keselamatan dan kenyamanan selama berkendara.

2.      Cek Keseluruhan Mesin

Keseluruhan mesin wajib diperhatikan sebelum melakukan perjalanan mudik lebaran. Apabila kamu tidak sempat, pergilah ke mekanik bengkel untuk melakukan pengecekan mesin kendaraanmu agar bisa dilakukan service kalau saja ada yang perlu dibersihkan atau diperbaiki.
Untuk mobil kamu bisa melakukan pengecekkan dengan menggunakan produk OBD 2 yang ada berfungsi untuk menganalisa keadaan status mesin mobil Kamu sehingga menghindari kerusakan ketika sedang dalam perjalanan pulang ke kampung.
Untuk Cek lebih lanjut klik di link berikut : http://bit.ly/2EmwS0P

3.      Cek Air Radiator

Perhatikan kondisi Air Radiator, kamu bisa menambahkan air apabila ketika di cek kondisinya sudah menipis atau berubah warna. Bila memang diperlukan, lakukan saja penggantian sehingga perjalanan aman terkendali.

4.      Cek Kondisi Ban dan Rem

Salah satu hal kecil yang jarang menjadi perhatian yaitu kondisi ban dan rem kendaraan, padahal kedua hal ini merupakan hal penting untuk menjamin keselamatan berkendara. Gantilah ban kendaraanmu apabila sudah dalam kondisi yang tidak layak pakai apalagi untuk perjalanan yang jauh. Sedangkan untuk rem, kampasnya bisa diperiksa, apabila sudah menipis bisa diganti dengan yang baru untuk kenyamanan berkendara.

5.      Siapkan P3K serta Obat-obatan Pribadi

Pastikan kotak P3K serta obat-obatan pribadi kamu dan keluarga sudah tersedia lengkap, apalagi untuk kamu yang mudik lebaran bersama anak kecil.

Bila semua persiapan sudah matang, jangan lupa juga untuk menjaga diri masing-masing untuk selalu tetap fit agar kamu dan keluarga berangkat dengan hati yang tenang siap menuju kampung halaman.

Selamat mudik, Jaknoters!