7 Tips Membersihkan Peralatan Make Up

7 Tips Membersihkan Peralatan Make Up
Tips Membersihkan Peralatan Make Up | Sumber : shutterstock

Bagi sebagian wanita, make up menjadi kegiatan yang cukup rutin untuk dilakukan. Karena kegiatan rutin itulah maka kamu sebagai kaum wanita juga wajib memperhatikan kebersihan dari peralatan make up yang kamu gunakan. Apabila sering digunakan, tentunya peralatan make up akan menumpuk dengan sisa-sisa bedak dan lainnya. Jika dibiarkan menumpuk, hal ini akan sangat merugikan kamu loh karena akan membuat bakteri yang berkumpul ikut masuk ke daerah kulit wajahmu. Gak kebayang kan girls?

Nah, untuk itu sebagai wanita yang ingin menjaga kecantikan serta kesehatan kulit wajah, sebaiknya rutin membersihkan peralatan make up. Gimana sih tips membersihkan peralatan make up yang praktis? Simak di bawah ini ya!

Air Panas

Kalau barang yang satu ini pastinya nggak perlu bingung dong cari dimana, kamu tinggal panaskan saja air mentah hingga hangat, masukan ke dalam baskom yang akan digunakan untuk mencuci peralatan make up. Kemudian masukan peralatan make up yang akan kamu cuci satu persatu. Apabila air sudah kembali kotor, sebaiknya kamu mengganti nya secara berkala. Oh ya, untuk memanaskan air kamu juga bisa menggunakan microwave loh, karena panas dari microwave dipercaya mampu menghilangkan noda atau bekas pada peralatan make up kamu secara tuntas.

Sabun cair / shampoo

Sabun dan juga shampoo yang biasa kamu gunakan untuk membersihkan tubuh ketika mandi bisa juga loh digunakan untuk membersihkan peralatan make up. Kamu hanya perlu membasahi peralatan make up dengan air keran, kemudian tekan sabun cair atau shampoo secukupnya, tinggal kucek deh! Lakukan saja berkali-kali hingga bersih.

Sabun khusus peralatan make up

Jika kamu tipe wanita yang lebih detail dan perfeksionis, kamu bisa memanfaatkan sabun khusus pembersih peralatan make up. Sabun khusus pembersih brush ini dapat menjaga bulu-bulu brush tetap lembut dan tidak rontok. So, jika kamu menggunakan sabun khusus ini, tentu membersihkan peralatan make up kamu akan terasa lebih maksimal.

Olive Oil

Selain sabun, ternyata minyak zaitun bukan hanya bisa membantu kamu membersihkan make up saja loh. tapi begitu juga dengan peralatan make up nya. Cara membersihkan peralatan make up dengan minyak zaitun ini adalah dengan mencampurkan 1 sendok minyak zaitun dan 2 sendok sabun cuci piring dalam wadah. Kemudian, balurkan spons makeup dalam campuran ini sambil dipijat lembut hingga spons bersih dari sisa makeup, lalu bilas dan keringkan. Namun, untuk menghindari minyak berlebihan dari minyak zaitun, kamu juga bisa membersihkan spons makeup dengan minyak zaitun terlebih dahulu, baru mencucinya dengan sabun cuci sebelum dibilas dengan air bersih.

Gunakan sikat gigi bekas

Bila beberapa cara di atas hanya menggunakan tangan, pada tips berikut ini kamu juga bisa memanfaatkan sikat gigi yang sudah tidak terpakai untuk membantu kamu membersihkan peralatan make up yang kotor. Gosokan sikat gigi bekas secara perlahan pada kuas yang hendak kamu bersihkan, Jangan lupa gosok dengan arah yang sama ya supaya tidak mengganggu bulu halus pada kuas make up.

Air make up remover

Air khusus yang biasa digunakan untuk membersihkan wajah dari make up ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan peralatan make up yang kotor. Namun untuk menggunakan air untuk make up remover, kamu harus membersihkan secara langsung setelah peralatan make up digunakan sehingga tidak menghabiskan banyak air make up remover nya.

Brush Egg Pembersih Brush Makeup

Kalau kamu malas mempersiapkan barang-barang di atas, kamu wajib sih punya alat ini. Alat unik yang satu ini praktis banget untuk membersihkan sisa-sisa makeup pada kuas makeup kamu loh. Berbahan silikon dan serat-serat halus membuat alat ini dapat membersihkan sisa makeup pada kuas dengan lebih bersih dan efektif nih Jaknoters! Hanya dengan menggosokan serat-serat halus peralatan make up pada brush egg ini dijamin langsung bersih deh!

Yuk mulai membersihkan peralatan make up secara rutin agar kulit wajahmu tetap terhindar dari bakteri yang menumpuk. Jangan malas yah girls!