5 Tips Jaga Imunitas Tubuh Selama Berpuasa

5 Tips Jaga Imunitas Tubuh Selama Berpuasa

Jaga imunitas tubuh bikin puasa lebih mudah!

Halo, Jaknoters! Tidak terasa satu bulan lagi kita akan kembali memasuki bulan Ramadan, nih. Walaupun situasi saat ini tampaknya masih sama seperti tahun sebelumnya, tapi jangan patah semangat dulu. Kita harus bersyukur karena masih dapat menyambut bulan puasa lagi bersama keluarga yang kita cintai. Bagi kamu yang jauh dari keluarga juga jangan bersedih hati, di sini JakartaNotebook akan membagikan tips bermanfaat untuk menjaga semangat dan meningkatkan imunitas tubuh agar tetap sehat selama menjalani puasa tahun ini.

Sebelum itu, perlu kamu ketahui bahwa menjaga imunitas tubuh itu sangat penting, terutama dalam situasi dunia saat ini. Seseorang dengan imunitas tubuh yang rendah akan mudah terkena penyakit, tubuh lemas, dan sejenisnya. Nah, oleh sebab itu kamu perlu simak tips-tips berikut ini untuk mencegah imunitas tubuh menurun selama berpuasa.

  • Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi vitamin saat sahur atau buka puasa
Tips Jaga Imunitas Tubuh Selama Berpuasa | Sumber: Freepik

Bagaimana caranya agar tubuh tetap bugar selama berpuasa? Tentunya dengan mengonsumsi asupan nutrisi yang cukup saat sahur maupun saat berbuka. Kamu tidak bisa hanya menambah porsi nasi dan lauk, namun yang perlu diperhatikan adalah keseimbangan gizi dalam setiap hidangan sahur kamu. Pastikan di piring kamu sudah ada porsi yang cukup dari masing-masing sumber karbohidrat, protein, vitamin, dan sebagainya.

Lalu jangan lupa untuk mengonsumsi Vitamin C yang sangat bermanfaat untuk menjaga imunitas tubuh manusia. Hal ini disebabkan karena vitamin mengandung bahan yang yang dapat melawan penyakit dan membantu proses penyembuhan dalam tubuh. Saat berbuka puasa puasa pun, alih-alih memakan gorengan atau martabak manis, akan lebih baik jika kamu mengonsumsi buah-buahan untuk memenuhi nutrisi di dalam tubuh. Tetapi, saat berbuka puasa lebih disarankan untuk mengonsumsi buah dalam bentuk jus karena sari buah dapat membantu tubuh pulih dari rasa lemas.

  • Minum yang cukup saat sahur dan buka puasa
Tips Jaga Imunitas Tubuh Selama Berpuasa | Sumber: Freepik

Jangan kurang dan jangan pula berlebihan, penting untuk minum air putih yang cukup selama berpuasa. Kebutuhan cairan di dalam tubuh saat berpuasa maupun tidak itu sama saja, yaitu 12 liter sehari atau sekitar 8 gelas sehari. Nah, bagaimana caranya agar kita dapat mengonsumsi air dengan cukup saat sahur dan berbuka puasa? Jawabannya adalah dengan pola 2-4-2. Dua gelas air putih saat buka puasa, 4 gelas air putih saat makan malam, dan 2 gelas air putih di waktu sahur. Dengan menerapkan pola ini, niscaya kebutuhan cairan di dalam tubuh kamu akan terpenuhi dan terhindar dari dehidrasi yang dapat menyebabkan penurunan imunitas tubuh.

  • Jangan begadang! Tidur yang cukup bisa mengurangi stress
Tips Jaga Imunitas Tubuh Selama Berpuasa | Sumber: Freepik

Kamu yang suka marathon drakor atau serial netflix sampai tidak tidur, sebaiknya kurangi. Tidur terlalu larut malam saja tidak baik, apalagi begadang. Dampak negatif yang ditimbulkan sangat banyak, salah satunya tentu mempengaruhi kondisi imunitas tubuh. Selain memberikan efek kelelahan bagi tubuh, begadang juga dapat mempengaruhi kondisi pikiran yang cenderung menimbulkan gejala stress hingga depresi. Apalagi saat menjalankan ibadah puasa, pikiran yang kalut dan tidak fokus akibat kurang tidur bisa sangat menguras tenaga yang menyebabkan tubuh menjadi lemas.

Di sisi lain, terlalu banyak tidur juga tidak baik untuk tubuh. Terlalu banyak tidur dapat meningkatkan risiko terserang diabetes, sakit kepala, nyeri otot, dan lain-lain. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk tidur yang cukup selama kurang lebih 8 jam sehari agar tubuh tetap dalam kondisi sehat dan fit. Daripada tidur seharian, lebih baik kamu mengisi hari dengan berolahraga ringan selama berpuasa.

  • Olahraga yang rutin menjelang buka puasa
Tips Jaga Imunitas Tubuh Selama Berpuasa | Sumber: Unsplash

Berpuasa tidak bisa dijadikan sebagai alasan untuk tidak berolahraga. Kamu bisa melakukan olahraga yang ringan di rumah, seperti sekedar pemanasan, berjalan kaki, atau naik turun tangga di rumah. Apabila kamu khawatir tubuh kamu tidak akan kuat untuk berolahraga sambil puasa, maka kamu bisa melakukan olahraga di sore hari menjelang buka puasa. Metode ini dilakukan dengan tujuan agar setelah berolahraga, kamu bisa segera mengisi cairan tubuh kamu dengan segelas air putih seketika azan maghrib berkumandang. Jangan hanya duduk dan rebahan saja, ya!

  • Tingkatkan kebersihan di lingkungan sekitar
Tips Jaga Imunitas Tubuh Selama Berpuasa | Sumber: JakartaNotebook

Jangan remehkan debu-debu halus di dalam rumah, kamu harus rajin menjaga kebersihan rumah kamu demi lingkungan yang sehat. Kondisi rumah yang kotor dan kering dapat memicu penurunan imunitas tubuh, loh. Maka itu, jangan terlalu lama menyalakan AC dan membersihkan debu-debu di dalam rumah. Kamu bisa menggunakan air purifier atau humidifier untuk menjaga kelembapan udara di dalam rumah.

Cek koleksi humidifier terlaris dengan harga terjangkau dari JakartaNotebook

Itu dia beberapa poin penting yang perlu diperhatikan untuk mempertahankan imunitas tubuh yang kuat selama berpuasa. Walaupun tampak remeh, tetapi dengan menerapkan hal-hal kecil tersebut akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Yuk, tetap semangat beraktivitas sambil berpuasa dari rumah saja!