Ibu Hamil di Bulan Puasa? Begini Tips Puasa Sehat yang Tepat!

Begini tips yang tepat untuk para ibu hamil yang harus menjalankan k=ibadah puasa!

Ibu Hamil di Bulan Puasa? Begini Tips Puasa Sehat yang Tepat!

Aman gak sih seorang ibu hamil berpuasa?

Hamil merupakan peristiwa yang wajar terjadi pada seorang wanita. Peristiwa kehamilan ini biasanya menyebabkan proteksi yang berlebih dari keluarga dan orang terdekat untuk si Ibu hamil. Sehingga biasanya, asupan makanan dijaga sebaik mungkin dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh si ibu hamil akan dibatasi. Namun, apa yang bisa dilakukan untuk menjaga kehamilan tetap lancar selama bulan puasa? Aman gak sih kalau si ibu hamil ikut menjalankan ibadah puasa? Simak tips hamil sehat di bawah ini yuk!

Ibu Hamil di Bulan Puasa? Begini Tips Puasa yang Tepat! | Sumber : Shutterstock

Tips hamil sehat 1 : Jangan sampai dehidrasi!

Seperti yang kamu ketahui bahwa air putih merupakan salah satu kandungan yang penting dalam hidup manusia. Maka, disarankan pada Ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan minum air putih saat sahur dan berbuka demi menghindari terjadinya dehidrasi yang tentu tidak baik untuk ibu hamil.

Tips hamil sehat 2 : Ibu hamil dilarang "stres"!

Ketika memasuki bulan Ramadan, penelitian menunjukkan bahwa wanita hamil yang berpuasa memiliki kadar hormon kortisol (hormon penyebab stres) yang lebih tinggi dibanding wanita hamil yang tidak berpuasa. So, sebisa mungkin tetaplah tenang dan lebih "make it easy" terutama buat ibu-ibu hamil yang masih muda. Karena mungkin calon-calon ibu muda akan lebih mudah merasa stres ketimbang ibu hamil yang sudah pernah mengalami masa kehamilan sebelumnya.

Tips hamil sehat 3 : Hindari makanan yang terlalu manis

Ibu hamil yang berpuasa disarankan untuk menghindari takjil-takjil buka puasa yang mengandung gula tinggi. Hal ini dikarenakan bisa menaikkan kadar gula darah dengan cepat. Nah, perubahan kadar gula darah yang terlalu cepat dapat membuat ibu hamil merasa pusing bahkan pingsan loh. Jauhkan yah!

Tips hamil sehat 4 : Penuhi asupan 4 sehat 5 sempurna

Makanan 4 sehat 5 sempurna sangatlah penting dikonsumsi oleh ibu hamil pada masa kehamilan berlangsung. Bagaimana mengakalinya di saat bulan puasa? Berikan perhatian lebih pada menu-menu untuk sahur dan berbuka puasa, pastikan ibu hamil mendapatkan asupan karbohidrat yang cukup. Bukan hanya itu,mengonsumsi protein hewani dan serat yang cukup sangat wajib. Kamu juga bisa melengkapi asupan dengan segelas susu untuk ibu hamil.

Tips hamil sehat 5 : Hindari makanan yang pedas dan berlemak

Makanan berlemak tentunya sangatlah enak. Namun, harus kamu ketahui kamu mengonsumsi makanan pedas dan mengandung lemak secara berlebihan akan sangat berdampak buruk pada kondisi kesehatan kamu. Bayangkan saja jika ibu hamil banyak mengonsumsi menu seperti ini ketika sahur dan berbuka puasa, tentu tidak akan baik untuk pertumbuhan buah hati. So, lupakan dulu gorengan dan sambal yang berlebihan yah!

Tips hamil sehat 6 : Konsumsi kurma itu penting bagi Ibu hamil

Buah Kurma merupakan salah satu buah yang sangat identik dengan bulan Ramadan. Nah, buah kurma ini sendiri ternyata mengandung banyak vitamin B1 yang dapat mengontrol gerak rahim loh. So, untuk ibu hamil yang menjalankan puasa dan tentunya ingin tetap menjaga pertumbuhan sang buah hati, jangan lupa untuk mengkonsumsi kurma sebagai menu sahur dan berbuka puasa.

Tips hamil sehat 7 : Lakukan olahraga yang tepat untuk Ibu hamil

Ibu hamil memang tidak disarankan untuk melakukan berbagai kegiatan berat selama masa kehamilan sekaligus berpuasa. Namun, perlu kamu ketahui jika olahraga menjadi kegiatan yang penting loh untuk ibu hamil. Olahraga diharapkan bisa membantu fisik ibu hamil agar fit saat menjalani proses kelahiran. Nah, ketika menjalani puasa, aktivitas olahraga ringan bisa banget loh dilakukan, lakukan saja senam ataupun yoga sendiri di rumah atau bersama-sama teman-teman ibu hamil lainnya. Lakukan olahraga ini pada sore hari menjelang buka puasa.

Temukan berbagai perlengkapan bayi berkualitas langsung dari JakartaNotebook!

Tips hamil sehat 8 : Istirahat cukup

Saat ibu hamil menjalani puasa pada bulan Ramadan, sebaiknya untuk menghindari pekerjaan-pekerjaan yang berat. Sebisa mungkin mintalah bantuan orang sekitar jika kamu perlu melakukan hal yang cukup berat dijalani ketika sedang hamil dan berpuasa. Perbanyaklah kegiatan istirahat ya bumil!

Semoga bermanfaat yah!