5 Cara Merawat Kulkas agar Tidak Cepat Rusak, Wajib Tahu!

Penasaran kenapa kulkas bau? Simak cara merawat kulkas dan alasan kenapa kamu harus merawat kulkas secara teratur!

5 Cara Merawat Kulkas agar Tidak Cepat Rusak, Wajib Tahu!
Sumber: Best Buy

Memastikan dapur memiliki peralatan dan perangkat elektronik yang lengkap, tentunya dapat meningkatkan efisiensi dan membantu menghasilkan masakan yang lezat.

Salah satu elektronik dapur yang wajib dimiliki adalah kulkas atau lemari es. Saat ini kulkas merupakan peralatan rumah tangga yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Elektronik satu ini berfungsi menjaga makanan dan minuman setiap waktu agar tetap segar dan aman untuk dikonsumsi.

Meskipun begitu, kulkas yang bekerja nonstop setiap hari tentunya membuat elektronik ini tidak bebas dari kerusakan. Tahukah kamu? Lemari es yang tidak dirawat dapat mengakibatkan masalah seperti penurunan efisiensi pendinginan, bau tidak sedap, atau kerusakan yang lebih serius.

Oleh karena itu, penting melakukan beberapa langkah yang tepat dalam merawat kulkas agar kulkas dapat digunakan dalam jangka waktu lama sekaligus menghemat energi.

Kali ini, JakartaNotebook akan membahas cara merawat kulkas sendiri dan alasan kenapa kamu harus merawat kulkas secara teratur!

Cara Merawat Kulkas Sendiri

Kamu bisa menerapkan beberapa cara merawat kulkas sendiri tanpa harus memanggil cleaning service atau tenaga reparasi, loh.

Sebab langkah-langkahnya dapat kamu lakukan secara sederhana dan praktis, tanpa membutuhkan banyak waktu. Apa saja itu? Yuk, simak uraiannya berikut ini!

1. Jangan Menyimpan Makanan dan Minuman Bersuhu Panas

Jangan Menyimpan Makanan dan Minuman Bersuhu Panas
Sumber: Health Guide

Makanan atau minuman dengan suhu panas akan mengubah temperatur kulkas menjadi lebih hangat. Bagian dalam kulkas yang sebelumnya sudah diatur stabil pada suhu tertentu akan berubah dan merusak temperatur suhu di dalamnya.

Rak Kulkas Tambahan Serbaguna Storage Holders Organizer 2PCS - AE997 - White - JakartaNotebook.com
Rak Kulkas Tambahan Serbaguna Storage Holders Organizer 2PCS - AE997 termurah. Dapatkan dengan mudah Rak Kulkas Tambahan Serbaguna Storage Holders Organizer 2PCS - AE997 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

2. Jangan Mencampur Semua Jenis Makanan

Sumber: Freepik/Freepik

Banyaknya ruang penyimpanan dalam kulkas bergantung pada tipe kulkas yang digunakan. Kulkas dengan tipe apa pun itu, sebaiknya jangan pernah mencampur semua jenis makanan dalam kulkas menjadi satu tanpa memisahkannya.

Cara ini perlu dilakukan agar makanan atau minuman yang disimpan di dalam kulkas tidak terkontaminasi dengan bakteri atau virus dari makanan atau minuman lainnya.

Sebagai solusinya, bahan makanan dapat dipisahkan sesuai dengan rak-raknya. Kamu juga dapat menggunakan wadah-wadah penyimpanan khusus agar bahan makanan dapat lebih terorganisir dan lebih awet untuk disimpan.

TOWAYER Set Alat Pembersih Lubang Saluran Air Kulkas Drainase 5 Pcs - TO5 - White - JakartaNotebook.com
TOWAYER Set Alat Pembersih Lubang Saluran Air Kulkas Drainase 5 Pcs - TO5 termurah. Dapatkan dengan mudah TOWAYER Set Alat Pembersih Lubang Saluran Air Kulkas Drainase 5 Pcs - TO5 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

3. Hindari Mengisi Kulkas hingga Penuh

Hindari Mengisi Kulkas hingga Penuh
Sumber: bob vila

Kulkas dengan isi yang terlalu penuh dapat membuat sirkulasi udara di dalamnya menjadi tidak stabil, sehingga pengaturan pendingin yang sudah diatur sebelumnya menjadi tidak efektif.

Hal tersebut dapat membuat kompresor harus bekerja lebih ekstra untuk menjaga sirkulasi udara di dalam kulkas. Kondisi ini merupakan salah satu pemicu kulkas menjadi lebih cepat rusak.

Oleh karena itu, pastikan untuk mengisi kulkas secukupnya saja dan sisakan ruang untuk sirkulasi udara. Selain dapat membuat makanan dan minuman lebih awet, langkah ini juga dapat memudahkan pengaturan dan pencarian makanan.

4. Perhatikan Jenis Makanan atau Minuman yang Disimpan dalam Freezer

Perhatikan Jenis Makanan atau Minuman yang Disimpan Di Dalam Freezer
Sumber: Taste of Home

Freezer merupakan bagian kulkas yang memiliki suhu paling rendah hingga titik beku. Suhu yang sangat rendah ini menghasilkan tekanan sehingga kamu tidak dapat menyimpan sembarang makanan atau minuman di dalamnya.

Pastikan kamu tidak menyimpan barang yang dapat merusak freezer seperti minuman bersoda, minuman beralkohol, atau makanan atau minuman lain dengan kandungan gas di dalamnya.

Menyimpan makanan atau minuman tersebut disimpan di dalam freezer dapat menyebabkan ledakan yang disebabkan oleh perubahan tekanan gas dan suhu saat pintu kulkas dibuka. Berbahaya sekali bukan?

Strongwell Kotak Kontainer Makanan Kulkas Kitchen Storage Food Box - SW804-M - Transparent - JakartaNotebook.com
Strongwell Kotak Kontainer Makanan Kulkas Kitchen Storage Food Box - SW804-M termurah. Dapatkan dengan mudah Strongwell Kotak Kontainer Makanan Kulkas Kitchen Storage Food Box - SW804-M murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

5. Bersihkan Kulkas Secara Rutin

Bersihkan Kulkas Secara Rutin
Image Source: Pexels

Membersihkan kulkas secara rutin dapat membuat kulkas tetap bersih, terhindar dari penumpukan noda, menjaga kulkas dari bau, dan tentunya menjaga keadaan kulkas agar tidak cepat rusak.

Pastikan untuk membersihkan rak, laci, dan kantong penyimpanan dalamnya. Jika ada bau yang tidak sedap, gunakan larutan air dan cuka untuk membersihkannya. Jangan gunakan bahan kimia yang keras atau bau menyengat.

Alasan Kenapa Kulkas Harus Dibersihkan

Alasan Kenapa Kulkas Harus Dibersihkan
Image Source: Freepik/freepik

Membersihkan kulkas memang membutuhkan waktu dan tenaga ekstra, tetapi umumnya kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 15–30 menit, tergantung pada seberapa kotor kulkas dan berapa banyak makanan yang perlu dikeluarkan.

Slain itu, pembersihan ini bisa kamu lakukan seminggu sekali atau sesuai kebutuhan. Ada alasan kenapa kulkas membutuhkan perawatan, diantaranya:

1. Mencegah Kerusakan

Kulkas adalah perangkat yang kompleks dengan berbagai komponen seperti kompresor, kipas, dan sistem pendinginan lainnya. Perawatan yang tepat dapat membantu mencegah kerusakan pada komponen-komponen ini, yang dapat mengakibatkan kegagalan kinerja pada kulkas secara keseluruhan.

COSTWAY Roda Kulkas Mesin Cuci Alas Dudukan Portable Base Roller - W2197 - Black - JakartaNotebook.com
COSTWAY Roda Kulkas Mesin Cuci Alas Dudukan Portable Base Roller - W2197 termurah. Dapatkan dengan mudah COSTWAY Roda Kulkas Mesin Cuci Alas Dudukan Portable Base Roller - W2197 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

2. Mempertahankan Efisiensi Energi

Kulkas yang tidak terawat cenderung menjadi kurang efisien dalam menggunakan energi. Misalnya, debu yang menumpuk pada kisi-kisi belakang kulkas dapat menghambat sirkulasi udara, menyebabkan kulkas harus bekerja lebih keras untuk mencapai suhu yang diinginkan.

Dengan membersihkan kulkas secara rutin, kamu dapat mempertahankan efisiensi energi dan mengurangi tagihan listrik.

3. Mencegah Pertumbuhan Bakteri dan Jamur

Kulkas adalah tempat penyimpanan makanan, dan kebersihan yang buruk dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri dan jamur yang tidak diinginkan. Membersihkan kulkas secara berkala dapat membantu mencegah kontaminasi makanan dan menjaga makanan tetap aman untuk dikonsumsi.

Selain itu, suhu dan kelembapan yang stabil di dalam kulkas sangat penting untuk menjaga kesegaran makanan. Dengan memastikan kulkas bekerja dengan baik dan bersih, Anda dapat memperpanjang masa simpan makanan dan mengurangi pemborosan.

Alpicool Kulkas Portable Mobil Mini Fridge Freezer 55L - CF55 - Black/Gray - JakartaNotebook.com
Alpicool Kulkas Portable Mobil Mini Fridge Freezer 55L - CF55 termurah. Dapatkan dengan mudah Alpicool Kulkas Portable Mobil Mini Fridge Freezer 55L - CF55 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

4. Mencegah Bau Tak Sedap

Kulkas yang kotor atau berbau dapat mentransfer bau tersebut ke makanan di dalamnya. Dengan membersihkan kulkas secara rutin, kamu dapat mencegah bau tidak sedap dan menjaga makanan tetap segar.

Dengan melakukan perawatan rutin pada kulkas, kamu tidak hanya memperpanjang umur pakai kulkas tersebut, tetapi juga menjaga kesehatan dan keselamatan makanan yang tersimpan di dalamnya.

Dengan perawatan yang tepat, kamu dapat menghindari biaya perbaikan yang mahal, mencegah kerusakan lebih serius, hingga memperpanjang umur pakai kulkasmu.

Merawat kulkas kini semakin mudah karena kamu dapat menggunakan berbagai rekomendasi produk perawatan kulkas, seperti lap microfiber, sikat, dan plastik sampah yang bisa kamu dapatkan di JakartaNotebook.