10 Gembok Koper yang Bagus, Lolos Standar & Anti Jebol

Gembok koper yang bagus sudah pasti anti jebol. Ini dia 10 gembok terbaik yang bisa Anda gunakan untuk mengamankan koper sepanjang perjalanan.

10 Gembok Koper yang Bagus, Lolos Standar & Anti Jebol
Image Source: Freepik/freepik

Di musim liburan, bepergian menggunakan tas selempang dan koper memang suatu keharusan. Tapi tahukah Anda kalau ritsleting tas saja belum cukup untuk mengamankan barang Anda di dalam koper.

Untuk memperkuat keamanannya, gunakan saja gembok koper yang bagus di pasaran. Dengan gembok koper, barang bawaan Anda tidak akan mudah dibobol meski secara paksa.

Cara Memilih Gembok Koper

Cara Memilih Gembok Koper
Image Source: Freepik/freepik

Sebelum memberikan rekomendasi gembok koper yang bagus, pertimbangkan dulu cara memilih gembok koper yang tepat di bawah ini.

1. Gembok Standar TSA

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih gembok koper terbaik adalah produk berlogo TSA (Transportation Security Administration) berlian merah. Ini adalah standar koper yang biasanya digunakan di bandara.

Gembok TSA atau TSA lock hanya bisa dibuka dengan dua cara yaitu dengan sandi angka dan dengan kunci khusus. Kunci khusus digunakan oleh pihak-pihak yang berwenang seperti petugas TSA sehingga koper bisa dibuka tanpa dirusak.

2. Sesuaikan Tipe Gembok

Ada 2 tipe gembok koper yang dapat Anda jumpai di pasaran, yakni gembok manual dan bersandi angka.

Gembok koper bersandi angka kini banyak digunakan karena tak perlu repot membawa kunci. Sangat cocok digunakan saat bepergian tanpa khawatir kehilangan kunci dan lupa membawa kunci cadangan.

Ada juga kunci manual yang harus dibuka menggunakan kunci. Pastikan Anda membawa kunci dan kunci cadangannya untuk menghindari risiko kehilangan. Bisa-bisa gembok koper Anda malah tidak bisa dibuka.

3. Perhatikan Bahannya

Gembok koper yang bagus bisa terbuat dari plastik, metal, atau gabungan beberapa bahan sekaligus. Memperhatikan daya tahan setiap bahannya adalah hal penting agar gembok tidak mudah dijebol.

Gembok koper ABS (akrilonitril butadiena stiren) atau plastik sejenis lainnya, ringan dan tahan air. Ditambah dengan harganya yang sangat terjangkau, tidak heran gembok plastik makin disukai.

Beda lagi dengan gembok koper metal (kuningan, baja, dan sebagainya), meski rentan akan karat, gembok koper metal sangat sulit dirusak. Terlebih bila diameter belenggunya besar, gembok pun makin sulit dijebol.

Rekomendasi Gembok Koper yang Bagus

Tak perlu pusing membandingkan produk gembok koper yang bagus di pasaran karena kami telah merangkum daftarnya untuk Anda.

1. CoolCell Gembok Koper 3 Digit TSA Lock - TSA-719C

CoolCell Gembok Koper 3 Digit TSA Lock - TSA-719C
Image Source: JakartaNotebook

Gembok koper yang bagus ini memiliki diameter tali gembok yang cukup besar. Agar keamanan koper tetap terjaga, maka gembok juga dilengkapi dengan sistem kombinasi angka 3 digit yang bisa Anda custom.

2. TaffGUARD Gembok Koper Kode Angka - Z001

TaffGUARD Gembok Koper Kode Angka - Z001
Image Source: JakartaNotebook

Desain yang sangat simpel membuat gembok koper yang bagus ini mudah digunakan. Tak ketinggalan sistem kombinasi angka serta kombinasi bahan zinc alloy dan plastik yang membuat proteksinya semakin meningkat.

3. YiF Gembok Koper Angka 3 Digit TSA Lock - TSA007

YiF Gembok Koper Angka 3 Digit TSA Lock - TSA007
Image Source: JakartaNotebook

Satu lagi gembok koper yang bagus berstandar TSA. Selain sistem kode, gembok juga terbuat dari zinc alloy yang tak mudah dijebol. Desainnya juga unik dan minimalis untuk dipadukan dengan koper Anda.

4. KAK Gembok Koper 4 Digit Solid Brass - M1502

4. KAK Gembok Koper 4 Digit Solid Brass - M1502
Image Source: JakartaNotebook

KAK memastikan bahwa gembok koper yang bagus ini dibuat dengan material terbaik. Dengan gabungan material tembaga dan stainless steel yang tahan lama, Anda mendapatkan produk yang awet juga tahan terhadap cuaca ekstrem.

5. CJSJ Gembok Koper Angka 3 Digit TSA Lock - TSA-338

CJSJ Gembok Koper Angka 3 Digit TSA Lock - TSA-338
Image Source: JakartaNotebook

Butuh gembok koper yang bagus berstandar TSA berukuran ringkas. Inilah gembok koper yang Anda cari. Modelnya cocok untuk koper berukuran standar. Gembok ini dapat mengamankan koper Anda dengan sistem kode 3 digit.

6. CoolCell Gembok TSA Koper 3 Digit - TSA007

6. CoolCell Gembok TSA Koper 3 Digit - TSA007
Image Source: JakartaNotebook

Masih gembok koper yang bagus berstandar TSA. Gembok yang satu ini memiliki desain super ringkas yang dapat mengunci 2 buah ritsleting sekaligus. Model ini tentunya tidak memberikan celah sedikit pun di antara 2 ritsleting.

7. Gembok Koper 19mm BESTGUARD

Gembok Koper 19mm BESTGUARD
Image Source: Gembok Koper 19mm BESTGUARD

Lebih suka gembok koper yang dilengkapi kunci? Gembok koper yang bagus dari BESTGUARD bisa menjadi pilihan. Cocok untuk koper dan tas berukuran kecil. Soal kualitas tak perlu diragukan karena gembok koper ini terbuat dari solid brass yang dilapisi plastik.

8. WHG Gembok Koper Angka 3 Digit TSA - TSA007

WHG Gembok Koper Angka 3 Digit TSA - TSA007
Image Source: JakartaNotebook

Tampak ramping tapi mampu mengamankan koper Anda, itulah gembok koper yang bagus dari WHG. Meski tampak ramping, gembok ini sudah memenuhi standar TSA. Anda bisa membawanya bepergian ke luar negeri tanpa masalah keamanan.

9. Travel Baggage Luggage Lock TSA WARNA WARNI

Travel Baggage Luggage Lock TSA WARNA WARNI
Image Source: Travel Baggage Luggage Lock TSA WARNA WARNI

Cocok untuk berbagai jenis tas travel, selain karena warnanya yang beragam, tetapi juga kualitasnya. Faktor keamanan tak perlu diragukan karena gembok ini dibekali 3 digit password. Bagian tangkai kunci terbuat dari material logam campuran yang sangat kuat sehingga sulit untuk dibobol secara paksa.

10. TaffGUARD Swiss Gembok Koper Kode - 104

TaffGUARD Swiss Gembok Koper Kode - 104
Image Source: JakartaNotebook

Satu lagi gembok koper yang bagus dari TaffGUARD. Cocok untuk tas maupun koper, gembok ini dibekali 3 digit password. Uniknya, gembok ini dilengkapi dengan lubang untuk menggantungkan tali atau lanyard sehingga mudah dicari saat dibutuhkan.

Itu dia rekomendasi gembok koper yang bagus untuk mengamankan koper Anda. Gembok koper bisa menjadi salah satu bekal untuk perjalanan yang aman dan nyaman hingga sampai di tujuan.