7 Grinder Kopi Terbaik untuk Pecinta Kopi Ala Coffee Shop

Sekarang kamu bisa membuat kopi ala kafe di rumah dengan beberapa rekomendasi grinder kopi terbaik berikut ini.

7 Grinder Kopi Terbaik untuk Pecinta Kopi Ala Coffee Shop
Sumber: CoffeeDesk

Apakah kamu seorang pecinta kopi? Tahukah kamu bahwa salah satu langkah penting dalam membuat kopi terbaik adalah dengan menggunakan grinder kopi yang tepat dan sesuai?

Biji kopi segar memang kunci untuk mendapatkan rasa dan aroma yang luar biasa dalam secangkir kopi. Namun, tanpa grinder kopi yang tepat, bahkan biji kopi termahal pun tidak akan mengeluarkan ekstrak terbaiknya.

Oleh sebab itu, memilih grinder kopi yang tepat merupakan hal yang sangat penting dalam membuat kopi, terlebih untuk kamu yang lebih senang membuat kopi rumahan dibanding pergi ke coffee shop.

Nah, sudah tahu apa saja jenis grinder kopi yang utama? Yuk, simak uraiannya berikut ini agar kamu dapat memilih grinder kopi yang sesuai.

Jenis Grinder Kopi

Kalau kamu mulai mempertimbangkan untuk membuat kopi di rumah, ada baiknya untuk mengetahui jenis grinder kopi yang umumnya tersedia di pasaran berikut ini:

1. Grinder Kopi Manual

Grinder Kopi Manual
Sumber: Brewed Coffee Guide 

Sesuai dengan namanya, grinder kopi jenis ini digerakkan secara manual tanpa menggunakan listrik atau bantuan motor. Grinder manual cocok untuk mereka yang sering bepergian atau membutuhkan grinder yang tidak bergantung pada listrik.

Kelebihan utama grinder kopi manual adalah kontrol yang lebih besar atas tingkat kehalusan gilingan, sehingga cocok untuk berbagai metode penyeduhan seperti pour over, AeroPress, atau espresso.

Walaupun memerlukan tenaga lebih dan waktu yang lebih lama, grinder ini ringan dan tidak memerlukan daya listrik, sehingga cocok untuk dibawa saat bepergian, berkemah, atau di tempat-tempat tanpa sumber daya listrik yang mudah diakses.

2. Grinder Kopi Elektrik

Grinder Kopi Elektrik
Sumber: Insider

Grinder kopi elektrik adalah penggiling biji kopi otomatis dengan bantuan motor listrik. Grinder ini memiliki mekanisme penggilingan yang berputar dengan kecepatan tinggi untuk mengubah biji kopi menjadi gilingan yang diinginkan.

Salah satu keuntungan utama dari grinder kopi elektrik adalah tingkat efisiensi tinggi dan kemampuannya menghasilkan gilingan kopi yang konsisten dengan cepat, sehingga sangat cocok untuk penggunaan sehari-hari di rumah.

Selain itu, jenis grinder kopi ini dilengkapi dengan berbagai pengaturan kehalusan gilingan yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan hasil gilingan sesuai dengan metode penyeduhan yang diinginkan, seperti espresso, pour over, atau French press.

Rekomendasi Grinder Kopi

Nah, kalau kamu masih bingung grinder kopi apa yang harus di-check out, simak beberapa rekomendasinya berikut ini, yuk!

1. One Two Cups Alat Penggiling Kopi Elektrik Coffee Grinder Adjustable - 600N

One Two Cups Alat Penggiling Kopi Elektrik Coffee Grinder Adjustable - 600N
Sumber: JakartaNotebook

Grinder kopi elektrik ini dapat menggiling biji kopi dengan presisi tinggi berkat pisaunya yang tajam dan pengaturan yang mudah digunakan. Kamu dapat mengatur tingkat kehalusan gilingan sesuai preferensi, mulai dari kasar hingga halus.

Motornya yang kuat membuat proses penggilingan biji kopi menjadi cepat dan efisien, sehingga cocok untuk kamu yang sering terburu-buru. Dalam hitungan detik, biji kopi akan menjadi bubuk halus yang siap untuk diseduh.

2. AFFORANY Alat Penggiling Kopi Elektrik Multifungsi Coffee Grinder - DQ287800

AFFORANY Alat Penggiling Kopi Elektrik Multifungsi Coffee Grinder - DQ287800
Sumber: JakartaNotebook

Mesin penggiling utama yang digunakan terbuat dari stainless steel yang tahan karat. Kombinasi mesin elektrik dan penggiling stainless steel secara efektif mampu menghasilkan bubuk kopi yang kamu inginkan.

Cukup tekan tombol untuk menyalakan grinder kopi dan biji kopi Anda akan halus sesuai dengan keinginan. Selain itu, Selain biji kopi, grinder ini juga dapat digunakan untuk menghancurkan biji kacang, cabe dan bahan masakan lainnya.

3. One Two Cups Alat Penggiling Kopi Manual Coffee Grinder Portable - WFCG9800

One Two Cups Alat Penggiling Kopi Manual Coffee Grinder Portable - WFCG9800
Sumber: JakartaNotebook

Kombinasi bilah keramik dan sistem penggiling spiral pada grinder manual ini efektif untuk menghadirkan bubuk kopi yang halus dan konsisten. Cukup masukkan biji kopi, lalu putar tuas penggilingnya menggunakan tangan.

Tidak hanya itu, grinder kopi ini juga dirancang dengan bagian-bagian yang mudah dibongkar-pasang. Hal ini akan memudahkan pengguna untuk membersihkan dan mencucinya.

4. iCafilas Alat Penggiling Kopi Manual Coffee Grinder Adjustable - GM2213

iCafilas Alat Penggiling Kopi Manual Coffee Grinder Adjustable - GM2213
Sumber: JakartaNotebook

Rekomendasi berikutnya adalah iCafilas. Grinder manual ini dilengkapi dengan bilah penggiling berjenis conical burr dengan material stainless steel 420. Selain memberi hasil yang konsisten, penggiling kopi ini tahan terhadap karat.

Dibekali dengan roda penggiling, kamu dapat menentukan ketepatan tekstur bubuk kopi sesuai yang diinginkan, sehingga kamu dapat menggunakan metode penyeduhan french press, hand drip, hingga moka pot.

5. One Two Cups Alat Penggiling Kopi Manual Coffee Grinder Adjustable - CF4146

One Two Cups Alat Penggiling Kopi Manual Coffee Grinder Adjustable - CF4146
Sumber: JakartaNotebook

Jangan khawatir akan bubuk kopi yang tidak sesuai keinginan, sebab kamu dapat menentukan sendiri kerapatan tekstur bubuk kopi sesuai keinginanmu berkat roda penggiling bawaannya.

Alat ini dilengkapi dengan wadah transparan yang terbuat dari kaca dan lapisan silikon agar tidak mudah slip. Jangan khawatir, grinder ini awet untuk digunakan sebab wadah atas dan tuasnya terbuat dari ABS dan komponen stainless steel.

6. ALOCS Alat Penggiling Kopi Manual Coffee Grinder Wood Adjustable - CW85532

ALOCS Alat Penggiling Kopi Manual Coffee Grinder Wood Adjustable - CW85532
Sumber: JakartaNotebook

Alat penggiling kopi ini dapat membuat tampilan dapurmu lebih estetik berkat desainnya yang dirancang sedemikian rupa hingga tampak seperti laci. Menggunakannya di dapur rumah akan memberikan kesan klasik yang khas.

Tidak sekedar fungsi, kini alat penggiling kopi juga bisa menambahkan kesan khusus pada ruangan. Seperti halnya kopi grinder ini, material kayu dirancang sedemikian rupa hingga tampak seperti laci.

7. One Two Cups Nima Alat Penggiling Kopi Elektrik Bumbu Coffee Grinder - NM-8300

One Two Cups Nima Alat Penggiling Kopi Elektrik Bumbu Coffee Grinder - NM-8300
Sumber: JakartaNotebook

Dengan alat penggiling kopi elektrik ini, kamu hanya perlu menekan tombol dengan satu jari untuk memulai penggilingan. Cara ini efektif dalam menghemat waktu saat kamu sedang terburu-buru.

Dibekali dengan motor berkekuatan 14500 RPM, grinder elektrik dari One Two Cups ini dapat menggiling biji kopi hingga sangat halus. Selain itu, alat ini juga dapat menghancurkan biji kacang, cabe, dan bahan masakan lainnya.

Pilihlah grinder kopi yang sesuai dengan anggaran, jenis kopi yang diminati, dan metode penyeduhan yang digunakan. Selain itu, perhatikan fitur-fitur tambahan, seperti pengaturan kehalusan gilingan, kapasitas hopper, dan kemudahan pemeliharaan.