Rekomendasi 7 Menu Buka Puasa Sehat, Lezat, dan Bergizi

Selama berpuasa, jangan lupa untuk menjaga kesehatan dengan berbuka menggunakan ragam menu buka puasa sehat di bawah ini.

Rekomendasi 7 Menu Buka Puasa Sehat, Lezat, dan Bergizi
Image Source: Pexels/Ella Olsson

Buka puasa adalah momen yang paling dinanti-nantikan oleh umat Muslim yang sedang berpuasa. Saat buka puasa mungkin kamu lebih memilih makanan enak yang kamu nantikan sepanjang hari dibandingkan menu buka puasa sehat. Padahal sangat penting untuk memilih menu buka puasa sehat, loh.

Memilih menu buka puasa sehat dan bergizi menjadi penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mendapatkan energi yang cukup setelah berpuasa. Dengan memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang, menu buka puasa dapat membantu menjaga berat badan, menjaga kesehatan pencernaan, dan memberikan energi yang cukup untuk beraktivitas setelah berpuasa.

Mungkin kamu berpikir bahwa menu buka puasa sehat tidak seenak gorengan atau junk food pilihanmu, eitss tapi jangan salah ada banyak loh menu buka puasa sehat dan bergizi namun tetap lezat sebagai santapan untuk berbuka puasa.

7 Menu Buka Puasa Sehat dan Nikmat

Jika kamu ingin selalu sehat menjalani puasa satu bulan penuh, berbuka dengan menu buka puasa sehat sangat cukup untuk mendukung kesehatanmu selama bulan Ramadhan. Lalu, apa saja jenis menu buka puasa sehat namun tetap lezat untuk disantap? Yuk, simak artikel berikut ini.

1. Kurma

Kurma
Image Source: Pexels/Zak Chapman

Menu buka puasa sehat yang pertama adalah kurma, makanan yang satu ini memang selalu menjadi andalan dan banyak dijual saat bulan Ramadhan. Walaupun menu yang satu ini sangat simple, namun kurma memiliki sejuta manfaat.

Alasan kurma menjadi menu buka puasa yang sehat adalah karena kurma mengandung gula alami yang dapat memberikan energi instan setelah berpuasa seharian. Selain itu, kurma juga kaya akan serat, yang membantu memperlancar pencernaan setelah berpuasa. Kurma juga mengandung berbagai jenis mineral penting seperti kalium, magnesium, dan zat besi, yang dapat membantu menggantikan elektrolit yang hilang selama puasa.

Tak sampai situ, kurma juga mengandung berbagai jenis vitamin, seperti vitamin B6, yang penting untuk metabolisme yang sehat. Berkat beragam kelebihan dihasilkan buah kurma untuk tubuhmu, ini merupakan menu buka puasa sehat dan praktis.

2. Oatmeal

Oatmeal
Image Source: Pexels/Karolina Grabowska

Oatmeal merupakan menu buka puasa yang sehat karena kandungan serat yang tinggi. Serat dalam oatmeal dapat membantu menjaga kenyang lebih lama, sehingga dapat mencegah makan berlebihan saat berbuka.

VISSY Gelas Dessert Pudding Yogurt Cocktail Heat Resistant 270ml - V-27 - Transparent - JakartaNotebook.com
VISSY Gelas Dessert Pudding Yogurt Cocktail Heat Resistant 270ml - V-27 termurah. Dapatkan dengan mudah VISSY Gelas Dessert Pudding Yogurt Cocktail Heat Resistant 270ml - V-27 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Selain itu, oatmeal juga mengandung beta-glukan, jenis serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Oatmeal juga mengandung karbohidrat kompleks yang memberikan energi yang stabil dan tahan lama, serta kaya akan nutrisi seperti zat besi, magnesium, dan vitamin B yang penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Kamu bisa menikmati semangkuk oatmeal yang lezat untuk berbuka dengan menambahkan buah-buahan seperti strawberry, blueberry, pisang, atau kiwi. Jika ingin lebih lezat lagi, tambahkan saja yogurt untuk menambah kenikmatannya.

3. Salad Sayur

 Salad Sayur
Image Source: Pexels/kei photo

Mungkin salad menjadi pilihan terakhir yang ingin kamu santap saat berbuka puasa. Namun, mengonsumsi salad sayur akan sangat menyehatkan untukmu, loh. Jika kamu sudah terbayang dengan tampilannya yang menarik namun rasanya yang hambar, kamu bisa mengkreasikan salad sayurmu dengan menambahkan dressing serta protein di dalamnya seperti misalnya telur, dada ayam, atau bahkan udang.

Dan juga, ada banyak sekali alasan mengapa salad sayur menjadi menu buka puasa yang sehat. Salad sayur memiliki kandungan serat, vitamin, dan mineral yang tinggi dalam sayuran mentah. Serat dalam sayuran dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan memberikan rasa kenyang lebih lama. Selain itu, sayuran juga mengandung vitamin dan mineral penting seperti vitamin A, vitamin C, dan kalium, yang penting untuk menjaga kesehatan kulit, sistem kekebalan tubuh, dan fungsi jantung yang baik.

Untuk kamu yang sedang diet, salad sayur menjadi pilihan menu buka puasa yang sempurna, karena rendah kalori namun tinggi nutrisi, sehingga cocok untuk menjaga berat badan dan mendukung pola makan sehat.

4. Sup Ayam

Sup Ayam
Image Source: Pexels/Istvan Szabo

Jika kamu ingin menikmati sajian menu buka puasa yang hangat, lezat, namun tetap sehat, sup ayam menjadi pilihan yang tepat untuk menu buka puasamu. Paduan kuah kaldu yang gurih, sayur seperti wortel, kentang, brokoli, hingga kol yang penuh nutrisi , dan disempurnakan dengan asupan protein dari daging ayam yang lembut, akan menjadi menu buka puasa yang istimewa.

One Two Cups Panci Kaca Cooking Pot Borosilicate Tahan Panas 15cm - TH-15 - Pink - JakartaNotebook.com
One Two Cups Panci Kaca Cooking Pot Borosilicate Tahan Panas 15cm - TH-15 termurah. Dapatkan dengan mudah One Two Cups Panci Kaca Cooking Pot Borosilicate Tahan Panas 15cm - TH-15 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Dengan menikmati hidangan ini, perut akan terasa hangat dan tentunya mengenyangkan setelah menjalani puasa seharian. Daging ayam di dalam sup mengandung protein tinggi yang penting untuk pemulihan otot dan menjaga kesehatan tubuh. Sementara sayurannya kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang memberikan nutrisi penting untuk tubuh.

5. Sayur Bayam

Sayur Bayam
Image Source: Kompas

Rekomendasi menu buka puasa sehat dengan kuah yang menghangatkan lainnya adalah sayur bayam. Sayur bayam memiliki kandungan gizi yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Bayam mengandung vitamin A, C, K, dan sejumlah vitamin B kompleks. Selain itu, bayam juga mengandung zat besi, kalsium, magnesium, dan antioksidan. Ini sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi kamu setelah seharian berpuasa.

Sayur bayam mungkin identik dengan rasanya yang gurih dan tidak terlalu pedas, namun jika kamu ingin membuatnya lebih pedas, kamu bisa menambahan beberapa irisan cabai rawit ke dalamnya.

6. Capcay

Capcay
Image Source: Kompas

Kamu bisa menikmati berbagai macam sayur dengan rasa yang gurih dan nikmat namum tetap menyehatkan lewat sajian menu capcay. Capcay adalah masakan Tionghoa-Indonesia yang terdiri dari berbagai macam sayuran dan daging atau seafood yang diiris tipis, kemudian ditumis dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, saus tiram, kecap manis, dan merica.

Sayuran pada capcay seperti brokoli, kembang kol, jamur, buncis, hingga jagung yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Tambahan protein dari ayam atau seafood seperti udang akan membuatnya lebih mengenyangkan namun tetap rendah kalori.

7. Pudding Buah

Pudding Buah
Image Source: Kompas

Untuk hidangan penutup menu buka puasa yang menyehatkan namun tetap lezat untuk dinikmati, kamu bisa membuat pudding buah. Gunakan berbagai macam buah seperti jeruk, kiwi, strawberry, mangga, hingga anggur untuk menghasilkan pudding buah yang segar. Kandungan buah-buahan di dalamnya yang kaya akan serat, vitamin, dan antioksidan menjadi hidangan penutup yang sempurna setelah menjalani puasa seharian.

Di bulan Ramadan, memilih menu berbuka puasa sehat, lezat, dan bergizi sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Lebih baik kurangi makanan yang berlemak seperti gorengan, fast food, dan makanan lainnya sebagai menu buka puasa.

Menu buka puasa sehat mengandung nutrisi penting seperti vitamin, mineral, serat, dan protein yang dibutuhkan tubuh untuk tetap sehat dan bertenaga selama berpuasa. Dengan memilih menu buka puasa yang sehat, kita dapat merasakan manfaatnya secara langsung dalam menjaga kesehatan tubuh dan memaksimalkan ibadah selama bulan Ramadan.